1. Jelaskanlah maksimisasi keuntungan dengan pendekatan total dan dengan pendekatan

Berikut ini adalah pertanyaan dari StevenXAZ6030 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Jelaskanlah maksimisasi keuntungan dengan pendekatan total dan dengan pendekatan marginal, dijeaskan menggunakan kurva

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

KURVA PERMINTAAN DAN PENAWARAN DI PASAR MONOPOLI.

Pasar monopoli memiliki kurva permintaan dan penawaran yang menarik untuk dicermati. Berikut penjelasannya.

2.1. Kurva Permintaan.

Mengingat di pasar monopoli hanya ada satu produsen, maka kurva permintaan pasar merupakan kurva permintaan produsen tersebut.

Perlu dicatat bahwa produsen memiliki kuasa untuk menentukan harga sekaligus kuantitas output; Oleh karena itu, kurva permintaan yang terbentuk di pasar monopoli cenderung turun dari sebelah kiri atas menuju kanan bawah (bisa dilihat pada Gambar 2., pada kurva D).

Mengapa bentuk kurva permintaan menurun? Karena semakin banyak kuantitas output yang dijual produsen, harga output/unit akan semakin berkurang.

Kurva permintaan yang menurun itu jugalah yang menunjukkan mengapa marginal revenue (MR) produsen monopoli selalu dibawah harga output.

2.2. Kurva Penawaran.

Tidak seperti pasar persaingan sempurna yang memiliki kurva penawaran karena banyaknya produsen yang ada di pasar, di pasar monopoli hanya ada satu produsen; Artinya, kurva penawaran di pasar monopoli hanya berwujud satu titik dimana marginal cost (MC) sama dengan marginal revenue (MR).

Jika pun terjadi perubahan permintaan yang menggeser penawaran, kita tidak bisa serta merta menggambarkan kurva penawaran sebagai gabungan dari titik keseimbangan semula dengan titik keseimbangan baru (karena bentuknya tidak beraturan).

Dengan demikian, kurva penawaran pada pasar monopoli tidak dapat dirumuskan melalui gambar kurva

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh IbnuAqilAzizi dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 30 Aug 23