Diketahui fungsi penawaran cabai, yaitu P=2Q+8.000. Saat musim panen, cabai

Berikut ini adalah pertanyaan dari fndhfthn pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Diketahui fungsi penawaran cabai, yaitu P=2Q+8.000. Saat musim panen, cabai yang ditawarkan sebanyak 350 kg. Oleh karena terjadi pergantian musim, banyak tanaman cabai mati sehingga cabai yang ditawarkan turun 30%. Hitunglah nilai koefisien dan sifat elastisitas penawaran barang! jangan ngasal ya kak :V ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

iya enggak kidz (ran)

Penjelasan:

oke langsung aja yak

Diberikan fungsi penawaran cabai: P = 2Q + 8.000

Saat musim panen, cabai yang ditawarkan adalah 350 kg. Namun, karena terjadi pergantian musim, banyak tanaman cabai mati sehingga cabai yang ditawarkan turun 30%. Jadi, jumlah cabai yang ditawarkan setelah pergantian musim adalah 70% dari 350 kg, yaitu 0,7 x 350 kg = 245 kg.

Untuk mencari nilai koefisien elastisitas penawaran (Es), kita perlu menggunakan rumus:

Es = (dQ/Q) / (dP/P)

Namun, dalam kasus ini, kita tidak memiliki data perubahan harga (dP). Jadi, kita tidak dapat menghitung nilai koefisien elastisitas penawaran secara langsung.

Namun, kita masih dapat menentukan sifat elastisitas penawaran berdasarkan bentuk fungsi penawaran.

Dalam fungsi penawaran P = 2Q + 8.000, koefisien Q (koefisien Q menggambarkan koefisien dari variabel jumlah (Q)) adalah 2. Berdasarkan nilai koefisien ini, kita dapat menentukan sifat elastisitas penawaran sebagai berikut:

Jika koefisien Q > 1, maka penawaran bersifat elastis. Ini berarti perubahan persentase dalam jumlah (Q) lebih besar daripada perubahan persentase dalam harga (P).

Dalam kasus ini, koefisien Q adalah 2 (> 1). Oleh karena itu, penawaran cabai dalam fungsi ini bersifat elastis.

Jadi, sifat elastisitas penawaran cabai berdasarkan fungsi P = 2Q + 8.000 adalah elastis.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh kyutosaya20 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 18 Aug 23