Berikut yang termasuk karakteristik pasar persaingan sempurna adalah?

Berikut ini adalah pertanyaan dari pitasr2882 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Berikut yang termasuk karakteristik pasar persaingan sempurna adalah?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Secara umum, pasar persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar di mana banyak perusahaan menjual produk serupa dan hampir tidak ada keuntungan karena persaingan yang ketat.

Penjelasan:

Berikut ini adalah beberapa karakteristik pasar persaingan sempurna yang dapat menjadi basis identifikasi ekonomi dan pemasaran produk.

1. Banyak perusahaan yang bersaing

Pasar persaingan sempurna memiliki banyak pembeli dan penjual. Hal ini berarti bahwa perusahaan dikenal sebagai “price takers”, sehingga mereka tidak bisa menentukan harga suatu produk sendiri.

2. Jual beli terhadap produk serupa

Seperti yang telah berkali-kali disinggung, produk yang terjual di pasar persaingan sempurna adalah barang atau produk serupa (homogen).

3. Tidak ada perusahaan atau individu yang memonopoli pasar

Monopoli adalah penguasaan sebagian pangsa pasar untuk satu perusahaan atau individu dengan produk eksklusif. Di dalam pasar persaingan sempurna, praktik monopoli tidak dapat hidup atau berkembang

4. Terdapat standarisasi produk

Dikarenakan adanya banyak produsen dan produk yang homogen, maka karakteristik pasar persaingan sempurna adalah adanya standarisasi produk setara.

5. Setiap perusahaan atau produsen memiliki pangsa pasar yang sama

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, pasar persaingan sempurna memiliki pangsa pasar berimbang untuk tiap produsen atau penjual suatu produk homogen.

6. Pembeli memiliki informasi lengkap tentang produk dan penjual mudah keluar masuk pasar

Dikarenakan produk yang dijual homogen, maka pasar persaingan sempurna akan mendukung adanya ketersediaan informasi produk bagi calon pembeli. Dari sini nantinya pembeli akan tahu harga dan kualitas produk secara terbuka.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh salmalifya dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 10 Aug 23