"Risiko yang dihadapi oleh Investor obligasi akan lebih sedikit jika

Berikut ini adalah pertanyaan dari vinayuli94 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

"Risiko yang dihadapi oleh Investor obligasi akan lebih sedikit jika dibanding dengan risiko yang dihadapi oleh penerbit obligasi". Setujukah anda dengan pernyataan tersebut? Jelaskan alasan anda dan jika perlu disertai contoh kasus.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Setuju, Karena =

  • Investor obligasi = Risiko investasi obligasi ini disebut risiko likuiditas. Harga obligasi amat ditentukan oleh perubahan inflasi dan suku bunga. Jika inflasi dan suku bunga naik, maka harga obligasi akan turun dan sebaliknya jika inflasi dan suku bunga naik, maka harga obligasi akan naik.
  • penerbit obligasi = Risiko yang muncul apabila penerbit obligasi, baik pemerintah maupun perusahaan tidak dapat membayar pokok investasi beserta kupon yang sudah disepakati sejak awal investasi. Saat kondisi ini terjadi, maka Anda akan kehilangan sebagian atau seluruh uang dalam obligasi.

Contoh kasus =

Kasus 1 : Seorang investor menjual produk dengan inflasi dan suku bunga naik sehingga harga obligasi akan turun namun setelah ia menjual produk dengan inflasi dan suku bunga naik, maka harga obligasi akan naik.

Kasus 2 : seorang penerbit obligasi tidak dapat membayar pokok investasi beserta kupon yang sudah disepakati sejak awal investasi. ia akhirnya kehilangan sebagian atau seluruh uang dalam obligasi.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Arishanti268 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 23 Mar 23