Pemasaran mempunyai cakupan fungsi yang luas, terutama dalam dunia bisnis.

Berikut ini adalah pertanyaan dari rezaalldava pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pemasaran mempunyai cakupan fungsi yang luas, terutama dalam dunia bisnis. Pemasaran tidak hanya sekedar menjual, tetapi di dalamnya terkandung banyak unsur seperti konsep, forecasting, perilaku konsumen, bahkan segmentasi pasar. Terdapat banyak sekali strategi yang perusahaan dapat gunakan agar mampu bersaing bahkan memimpin persaingan pasar. Ada satu formula strategi yang di dalamnya terdapat berbagai macam variabel penting, tetapi variabel yang berada di dalam strategi ini merupakan variabel yang masih bisa dikontrol oleh perusahaan, bahkan dapat meningkatkan performa penjualan perusahaan itu sendiri jika dikombinasikan dengan bijak. Strategi pemasaran apa itu? Sebutkan variabel – variabelnya, dan jelaskan secara sistematis!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Strategi pemasaran yang dimaksud adalah strategi 4P, yang terdiri dari:

1. Produk (Product): Merupakan variabel yang berkaitan dengan produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Variabel ini meliputi kualitas produk, desain, kemasan, jenis produk, merek, dan lain-lain.

2. Harga (Price): Merupakan variabel yang berkaitan dengan harga produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Variabel ini meliputi harga jual, diskon, kondisi pembayaran, dan lain-lain.

3. Tempat (Place): Merupakan variabel yang berkaitan dengan tempat dimana produk akan dijual. Variabel ini meliputi lokasi toko, distribusi, jaringan pemasaran, dan lain-lain.

4. Promosi (Promotion): Merupakan variabel yang berkaitan dengan cara promosi yang akan digunakan untuk meningkatkan penjualan produk. Variabel ini meliputi iklan, promosi, penjualan langsung, dan lain-lain.

Dengan memanfaatkan strategi 4P ini, perusahaan dapat meningkatkan performa penjualan produknya, meningkatkan daya saing, dan memenangkan persaingan pasar.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh s7syahri dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 18 Mar 23