Misalkan suatu perusahaan mobil mempunyai kontrak untuk mensuplai 500 unit

Berikut ini adalah pertanyaan dari windsunset pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Misalkan suatu perusahaan mobil mempunyai kontrak untuk mensuplai 500 unit mobil setiap bulan dengan pengiriman teratur secara harian. Storage cost bulanan per mobil adalah Rp1.000 dan setup cost untuk sekali proses produksi adalah Rp20.000-. Produksi mobil ini berada pada tingkat yang konstan sebesar 1000 unit mobil per bulan. Jika produksinya berlangsung terus dan tidak dijinkan adanya kekurangan,(a) tentukanlah jumlah unit mobil yang harus diproduksi dalam sekali proses produksi untuk meminimumkan biaya persediaan total bulanan!
(b) berapa biaya persediaan total bulanan yang minimum?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

(a) Untuk meminimumkan biaya persediaan total bulanan, kita harus memproduksi jumlah unit mobil yang sama dengan jumlah unit mobil yang dijadwalkan untuk dikirim setiap bulan, yaitu 500 unit.

(b) Biaya persediaan total bulanan yang minimum adalah biaya storage cost bulanan per mobil dikalikan dengan jumlah unit mobil yang diproduksi dalam sekali proses produksi, ditambah dengan setup cost sekali proses produksi. Jadi, biaya persediaan total bulanan yang minimum adalah:

Biaya persediaan total bulanan yang minimum = 500 unit x Rp1.000 + Rp20.000 = Rp550.000,-

Jadi, biaya persediaan total bulanan yang minimum adalah Rp550.000,-

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh danialalfatpcoue6 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 08 Apr 23