undang undang no 13 tahun 2003 tentang hukum ketenagakerjaan sudah

Berikut ini adalah pertanyaan dari muhammadkhoiry614 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

undang undang no 13 tahun 2003 tentang hukum ketenagakerjaan sudah mampu untuk. menjawab berbagai permasalahan perburuhan di indonesia? berikan alasanya!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan adalah undang-undang yang mengatur tentang hubungan kerja antara pemberi kerja dengan pekerja di Indonesia. Undang-Undang ini mencakup banyak bidang, termasuk hak dan kewajiban dari pemberi kerja dan pekerja, perjanjian kerja, pengupahan, masa kerja, cuti, pensiun, dan lain-lain.

Dari sisi hak pekerja, Undang-Undang ini menegaskan bahwa pekerja berhak atas pengupahan yang layak, perlindungan terhadap pemecatan yang tidak semestinya, dan perlindungan terhadap diskriminasi dan kekerasan di tempat kerja. Dari sisi kewajiban pemberi kerja, Undang-Undang ini menyatakan bahwa pemberi kerja harus memberikan kondisi kerja yang aman dan sehat, serta memberikan perlindungan terhadap pekerja yang terluka atau sakit akibat bekerja.

Meskipun Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan telah memberikan banyak keuntungan bagi pekerja di Indonesia, masih ada beberapa permasalahan perburuhan yang masih terjadi di Indonesia. Misalnya, masih ada pemberi kerja yang melakukan pemecatan tidak semestinya, mengeluarkan upah di bawah standar yang ditetapkan, atau tidak memberikan kondisi kerja yang aman dan sehat. Namun, secara umum, Undang-Undang No. 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan telah memberikan banyak manfaat bagi pekerja di Indonesia dan telah membantu menjawab banyak permasalahan perburuhan yang terjadi di Indonesia.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Nadir15 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 04 Apr 23