Salah satu masalah pokok organisasi adalah “ untuk siapa barang

Berikut ini adalah pertanyaan dari sugandaika pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Salah satu masalah pokok organisasi adalah “ untuk siapa barang barang diproduksi ” Jelaskan mengapa dalam sistem perekonomian campuran, pemerintah mengubah jalannya mekanisme mekanisme harga dalam fungsinya menentukan untuk siapa diproduksi ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Agar tidak terjadi penimbunan barang yang berakibat ada kelebihan produksi dan penurunan harga jual di pasar. Sebagaimana yang kita ketahui apabila jumlah produksi melebihi permintaan, maka hal tersebut dapat menjadi salah satu faktor menurunnya harga di pasaran, dimana hal ini dapat berakibat kerugian bagian produsen dan penurunan angka pendapatan negara.

Pembahasan:

Ekonomi campuran adalah sistem perekonomian yang menggabungkan sistem ekonomi pasar dan sistem ekonomi terencana. Dalam sistem ekonomi campuran, pemerintah turut serta dalam pengelolaan ekonomi melalui penguasaan barang modal, sumber daya, pembuatan kebijakan ekonomi dan pengawasan sektor swasta.

Contoh ekonomi campuran:

  • Subsidi bahan bakar minyak. Harga minyak mentah dunia makin tahun makin meningkat.
  • Kebijakan anti monopoli terhadap produk swasta.
  • Bantuan modal UMKM.

Sistem ekonomi campuran adalah sistem ekonomi yang memadukan sistem ekonomi pasar dan ekonomi komando dengan derajat campuran yang berbeda. Maksudnya, pemerintah bisa lebih mendominasi kegiatan ekonomi, tetapi mekansime pasar tetap berperan.

Tujuan dari sistem ekonomi campuran adalah mencegah terjadinya monopoli secara penuh terhadap sumber daya ekonomi oleh sekelompok masyarakat saja. Kekurangan dari sistem ekonomi campuran yaitu pemerintah memiliki tanggung jawab yang lebih besar dalam ekonomi dibandingkan dengan pihak swasta.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang ekonomi campuran: yomemimo.com/tugas/13544870
  2. Materi tentang penawaran: yomemimo.com/tugas/15781560
  3. Materi tentang permintaan: yomemimo.com/tugas/27333885

Detail jawaban

Kelas: 12

Mapel: Ekonomi

Bab: Bab 3 - Ekonomi Campuran

Kode: 12.5.3

#AyoBelajar

#SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 02 Jan 23