Pada masyarakat tidak selamanya pengaruh teknologi itu baik bagi kehidupan,

Berikut ini adalah pertanyaan dari tabligherdiyawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pada masyarakat tidak selamanya pengaruh teknologi itu baik bagi kehidupan, ada saja dampak negatif yang muncul, atau dampak negatifnya justru lebih dominan.Jelaskan permasalahan yang muncul akibat kemajuan teknologi di dalam masyarakat kemudian berikan solusi atas permasalahan tersebut
Sejarah mencatat, gerakan mahasiswa bertujuan mengubah tatanan kehidupan masyarakat dengan cara nonkonvensional. Hal inipun yang terjadi pada gerakan mahasiswa di Indonesia pada setiap pergantian rezim. Beri argumentasi dan kaitkan jawaban Anda dengan peran mahasiswa di Indonesia pada awal reformasi!
Kritikan terhadap birokrasi memunculkan istilah “penyakit birokrasi”. Hal ini karena, posisi birokrasi Indonesia kerap dimanfaatkan dalam aktivitas politik. Kini, di era reformasi ada upaya dalam melakukan reformasi birokrasi agar lebih profesional dalam penyelenggaraan ketatanegaraan.
a. Apa yang Anda ketahui terkait “penyakit birokrasi”? Beri argumentasi Anda!
b. Menurut Anda, mengapa “penyakit birokrasi” sulit disembuhkan? Beri contoh!
Dalam menuntut keadilan kata ’buruh’ lebih diartikan sebagai suatu aksi perjuangan. Beri argumentasi dan kaitkan jawaban Anda dengan pengertian perjuangan buruh!

1.
a) ​Sumber dan metode rekrutmen/cara pengisian lowongan karyawan yang digunakan oleh CV. Prima Cakes untuk tenaga kerja baru! Jelaskan jawaban Saudara!
b)​Jenis keadilan pengupahan yang diterapkan perusahaan untuk tenaga kerja baru! Jelaskan jawaban Saudara!

2
Tentukan merek mesin apa yang sebaiknya dibeli Ibu Riana dengan menggunakan pertimbangan Payback Period dari kedua mesin tersebut! Jelaskan jawaban Saudara!
Pada masyarakat tidak selamanya pengaruh teknologi itu baik bagi kehidupan, ada saja dampak negatif yang muncul, atau dampak negatifnya justru lebih dominan.
Jelaskan permasalahan yang muncul akibat kemajuan teknologi di dalam masyarakat kemudian berikan solusi atas permasalahan tersebut!
Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada peningkatan kebutuhan akan daging segar. Untuk itu perusahaan berupaya mengoptimalkan momen ini bagi peningkatan keuntungan perusahaan. Salah satu upaya yg dilakukan adalah mengotimalkan pendapatan dari sektor peternakan dengan menghitung optimalisasi pangan ternak. Bahan baku pakan ternak yang digunakan saat ini adalah sangka dan kala, dengan harga Rp. 20 dan Rp. 30 per kg.
Setiap pakan ternak harus mengandung unsur alfa tidak kurang dari 30 unit dan gama 120 unit, serta unsur beta paling banyak 280 unit. Komposisi pakan yang terdiri dari sangka dan kala adalah paling banyak 8 berbanding 1. Dari informasi yng diterima diketahui komposisi per kg sangka terdiri dari alfa 6 unit, Beta 20 unit dan 10 unit Gama. Sedangkan per kg Kala mengandung komposisi alfa 3 unit, Beta 40 unit dan 40 unit Gama. Perusahaan hanya menyediakan Sangka sebanyak 8 Kg setiap kali proses
Silahkan gunakan programa linier metode grapik untuk menyelesaikan kasus di atas
Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada peningkatan kebutuhan atas barang-barang elektronik baik TV, dan juga Microwave. Semua produk elektronik ini mempunya proses pengerjaan yang sama, namun berbeda waktu pengerjaannya. Untuk TV memerlukan waktu pengerjaan elektronik selama 4 jam dan perakitan selama 2 jam. Sedangkan Microwave memerlukan waktu pengerjaan elektronik 3 jam dan 1 jam perakitan. Dari kapasitas yang ada saat ini tersedia waktu pengerjaan untuk elektronik sebanyak 240 jam, dan perkitan sebanyak 100 jam. Keuntungan untuk masing produk adalah 7 (dalam satuan puluhan ribu) dan 5 (dalam satuan puluhan ribu).
Silahkan gunakan metode program linier metode simpleks untuk menyelesaikan kasus di atas

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban kedua soal di atas mengenai birokrasi:

  • a. "Penyakit birokrasi" merujuk pada berbagai masalah yang muncul dalam sistem birokrasi, seperti korupsi, lambatnya proses pengambilan keputusan, keterbatasan inovasi, dan kurangnya akuntabilitas, yang menghambat efisiensi dan pelayanan publik yang baik.
  • b. Penyakit birokrasi sulit disembuhkan sebab melibatkan berbagai faktor seperti resistensi perubahan, kepentingan pribadi, sistem yang kompleks, dan kurangnya dorongan dan sanksi yang efektif untuk mengubah perilaku birokrat yang tidak profesional.

Pembahasan

Dalam kehidupan masyarakat, perkembangan teknologi tidak selalu membawa dampak positif. Kemajuan teknologi dapat menimbulkan permasalahan seperti peningkatan kesenjangan sosial, hilangnya pekerjaan akibat otomatisasi, ketidakseimbangan informasi dan kecanduan digital. Solusi untuk mengatasi permasalahan ini meliputi investasi dalam pendidikan dan pelatihan, regulasi yang tepat untuk melindungi hak-hak pekerja, pengembangan teknologi yang berkelanjutan dan inklusif serta kesadaran masyarakat akan penggunaan teknologi yang bertanggung jawab.

Pelajari lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 09 Aug 23