Pembangunan ekonomi atau transformasi suatu masyarakat tradisional menjadi suatu masyarat

Berikut ini adalah pertanyaan dari riskyfsh pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pembangunan ekonomi atau transformasi suatu masyarakat tradisional menjadi suatu masyarat modern merupakan proses yang berdimensi banyak. Pembangunan ekonomi tidak hanya menyangkut perubahan dalam struktur melainkan juga menyangkut proses yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan. Pembangunan kepariwisataan mempunyai tujuan akhir untuk meningkatkan pendapatan masyarakat yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Perkembangan pariwisata juga mendorong dan mempercepat pertumbuhan ekonomi. Salah satu karakteristik pertumbuhan ekonomi modern adalah kenaikan output nasional secara terus menerus.Menurut Saudara, jelaskan bagaimana kenaikkan output Indonesia selama 2016-2019!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Ekonomi Indonesia pada tahun 2019 tumbuh sebnayak 5,02%, lebih rendah dibanding dengan capaian tahun 2018 sebesar 5,17%. Dari sisi produksi, pertumbuhan tertinggi dicapai pada Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 10,55%. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan ekonomi tertinggi dicapai oleh Komponen Pengeluaran Konsumsi Lembaga Nonprofit yang melayani seluruh Rumah Tangga (PK-LNPRT) sebesar 10,62%.
  • Ekonomi Indonesia pada triwulan IV-2019 dibanding triwulan IV-2018 tumbuh sebanyak 4,97%. Dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh seluruh lapangan usaha, dengan pertumbuhan tertinggi yang dicapai oleh Lapangan Usaha Jasa Lainnya sebesar 10,78%.

Pembahasan:

Analisis Input dan Output adalah suatu analisis atas perekonomian sebuah negara secara komprehensif karena melihat terdapat keterkaitan antar sektor ekonomi di negara tersebut secara keseluruhan. Misalnya untuk setiap produk pasti membutuhkan input agar produk itu dapat terus dan tetap dihasilkan.

Pelajari lebih lanjut :

Materi tentang pertumbuhan ekonomi menurun atau terjadi resesi ekonomi​ dapat dipelajari pada link yomemimo.com/tugas/22831488

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh syubbana2 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 29 Mar 23