Manajemen strategis adalah seni dan ilmu dalam merumuskan, menerapkan, dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Manajemen strategis adalah seni dan ilmu dalam merumuskan, menerapkan, dan mengevaluasi keputusan lintas fungsi yang memungkinkan organisasi untuk mencapai tujuannya. Sebagaimana definisi tersebut hal ini menggambarkan bahwa manajemen strategis berfokus pada integrasi manajemen, pemasaran, akuntansi dan keuangan, produksi dan operasi, penelitian dan pengembangan (R&D), dan sistem informasi untuk mencapai kesuksesan organisasi. Berdasarkan hal tersebut, silahkan:Jelaskan konsep manajemen strategis yang anda ketahui
Jelaskan apa yang membedakan antara manajemen strategis dan perencanaan strategis!
cantumkan sumber referensi yang anda gunakan secara jelas dan lengkap! wajib!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Konsep dari manajemen startegis adalah bagaimana menghubungkan berbagai departemen atau divisi dalam sebuah perusahaan seperti divisi marketing, keuangan, administrasi, dan lain-lain serta hal-hal lain di lingkungan eksternalnya seperti klien, pihak sponsor dan lain-lain untuk melakukan tahapan mewujudkan target perusahaan.

Yang membedakan antara manajemen strategis dan perencanaan strategis adalah lingkupnya. Perencanaan strategis merupakan bagian dari manajemen strategis yang meliputi perencanaan, implementasi, pengendalian dan evaluasi.

Pembahasan

Manajemen strategis merupakan hal yang integral dalam pengelolaan perusahaan karena hal itu merupakan sebuah landasan bagi pedoman perusahaan mencapai sebuah target. Hal-hal yang menjadi esensi dalam manajemen strategis adalah menghubungan elemen-elemen dari perusahaan mulai dari unit terkecil hingga jajaran manajemen plus pihak-pihak luar yang terkait. Hal-hal tersebut akan digunakan untuk menentukan arah perkembangan perusahaan dan menyusun perencanaan strategis, diikuti implementasi, pengendalian hingga evaluasi dari pendekatan yang telah diambil.

Untuk perencanaan strategis sendiri juga diperlukan penyusunan strategi kompetitif yang perlu mempertimbangkan berbagai kondisi yang ada seperti keunggulan dan kelemahan perusahaan, peluang dan ancaman dari industri hingga nilai-nilai yang dijunjung perusahaan.

Sumber:

  • Artikel 'Why Organization Need Strategy?' karya Henry Mitnzberg yang diterbitkan dalam Jurnal California Management Review edisi ke 30 pada musim gugur 1987.
  • Buku berjudul Competitive Strategy karya Michael Porter yang diterbitkan di tahun 1980.

Pelajari lebih lanjut tentang manajemen strategis pada link yang tersedia berikut ini

yomemimo.com/tugas/53682803

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MRWAR dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 27 Jul 23