4. Setelah lulus SMA Dino memiliki peluang sebagai berikut. Melanjutkan

Berikut ini adalah pertanyaan dari aurelianew75 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

4. Setelah lulus SMA Dino memiliki peluang sebagai berikut. Melanjutkan ke perguruan tinggi. Bekerja di bengkel dengan gaji Rp2.000.000,00/bulan. Bekerja di toko dengan gaji Rp1.900.000,00/bulan. Mengembangkan usaha ayahnya dengan penghasilan Rp3.000.000,00/bulan. Jika Dino memilih melanjutkan ke perguruan tinggi, identifikasikan biaya peluang yang muncul bagi Dino!JAWAB BERSERTA CARANYA!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Setelah lulus SMA Dino memiliki peluang untuk kuliah lagi, bekerja di bengkel, bekerja di toko dan mengembangkan usaha ayahnya. Dino memilih kuliah lagi, maka biaya peluang yang muncul sebesar Rp 3.000.000 per bulan.

Penjelasan dengan langkah-langkah

Diketahui:

  • Gaji kerja di bengkel: Rp 2.000.000
  • Gaji kerja di toko: Rp 1.900.000
  • Gaji mengembangkan usaha ayahnya: Rp 3.000.000

Ditanyakan: biaya peluang yang muncul?

Jawab:

Dalam memperhitungkan biaya peluang terdapat prinsip biaya yang paling baik yang dikorbankan adalah biaya peluang itu sendiri. Jika memiliki dua pilihan lain yang dikorbankan, maka opportunity cost dihitung dari nilai yang paling baik atau paling tinggi.

Maka jika Dino melanjutkan kuliah, maka biaya peluang yang muncul adalah gaji mengembangkan usaha ayahnya sebesar Rp 3.000.000 per bulan.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang biaya sehari-hari dan biaya peluang yomemimo.com/tugas/655491

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Alvintaa dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 07 Nov 22