Deskripsikan hubungan dari masing-masing pernyataan dibawah ini disertai dengan menggunakan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ramadhanfadhilahnur pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Deskripsikan hubungan dari masing-masing pernyataan dibawah ini disertai dengan menggunakan kurva permintaan dan penawaran: a. Musim hujan menyebabkan banjir, harga jus apel di pasaran meningkat. b. Ketika perang politik berkecamuk di Iraq, harga bensin naik sementara harga mobil bekas turun.​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

a. Hubungan antara musim hujan dan harga jus apel dapat dijelaskan dengan kurva permintaan dan penawaran yang terjadi di pasaran jus apel. Pada saat musim hujan, permintaan jus apel akan menurun karena konsumen cenderung lebih memilih minuman hangat seperti teh atau kopi. Di sisi lain, produksi jus apel dapat terganggu oleh banjir, sehingga pasokan jus apel menurun. Kondisi ini akan menyebabkan kurva permintaan jus apel bergeser ke kiri (menurun), dan kurva penawaran jus apel bergeser ke kiri (menurun) juga. Hal ini menyebabkan harga jus apel meningkat.

b. Perang politik yang terjadi di Iraq dapat berdampak pada harga bensin dan mobil bekas. Pada saat perang politik terjadi, pasokan minyak mentah yang menjadi bahan baku bensin dapat terganggu, sehingga kurva penawaran bensin akan bergeser ke kiri (menurun), dan harga bensin akan naik. Di sisi lain, karena ketidakpastian yang timbul akibat perang, konsumen cenderung kurang berminat untuk membeli mobil bekas. Hal ini menyebabkan kurva penawaran mobil bekas bergeser ke kiri (menurun), dan harga mobil bekas turun.

maaf kalo salah

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh MaGX dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Aug 23