Misalnya seorang konsumen mengkonsumsi dua barang yaitu x dan y

Berikut ini adalah pertanyaan dari eldinsa8 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Misalnya seorang konsumen mengkonsumsi dua barang yaitu x dan y . Harga barang x adalah Rp. 500 dan harga barang y adalah Rp. 1000 anggaran yang di sediakan konsumen untuk membeli barang x dan barang y adalah Rp. 10.000 buat lh persamaan matematika dan kurva anggaran konsumen (budget line) untuk membeli barang x dan barang y tersebut

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, pertama-tama kita perlu menentukan variabel yang akan digunakan. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan Qx sebagai jumlah barang x yang dibeli, dan Qy sebagai jumlah barang y yang dibeli.

Kemudian, kita dapat menyusun persamaan matematika yang menyatakan keterbatasan anggaran yang tersedia. Anggaran yang tersedia adalah Rp. 10.000, sedangkan harga barang x adalah Rp. 500 dan harga barang y adalah Rp. 1000. Sehingga persamaan matematika yang menyatakan keterbatasan anggaran yang tersedia adalah:

500Qx + 1000Qy ≤ 10000

Untuk menggambarkan kurva anggaran konsumen (budget line), kita dapat mengalikan kedua sisi persamaan di atas dengan -1/500. Hasilnya adalah:

Qy ≤ (-1/500)Qx + 20

Kurva yang dihasilkan dari persamaan di atas adalah kurva anggaran konsumen (budget line) untuk membeli barang x dan barang y tersebut.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dimasanugrah9jp0b40r dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 21 Mar 23