2 Nilai publik (public value) adalah konsep yang mengacu pada

Berikut ini adalah pertanyaan dari rikiwijayanto918 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2 Nilai publik (public value) adalah konsep yang mengacu pada perhitungan tentang sejauh mana organisasipenyedia jasa publik dapat menjamin bahwa setiap rupiah uang negara yang mereka pakai dapat
menghasilkan kualitas pelayanan yang memenuhi harapan pembayar pajak.
a. Analisis konsep nilai publik dalam buku Creating Public Value Strategic Managemen in
Government, serta!
b. Analisislah nilai publik dalam kaitannya dengan mekanisme “pasar politik” menurut Mark Moore
(1995)!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

A. Konsep nilai publik dalam buku Creating Public Value Strategic Managemen in Government karya Mark Moore (1995) adalah penciptaan nilai publik dibangun dari suatu strategi organisasional yaitu Trilogi Strategi atau a strategic triangle.

B. Nilai publik dalam kaitannya dengan mekanisme “pasar politik” menurut Mark Moore (1995) adalah dalam menciptakan suatu nilai publik dibutuhkan suatu strategi organisasional yang disebutTrilogi Strategi atau a strategic triangle. Begitupun pasar politik, dalam marketing politik dibutuhkan suatu strategi pemasaran politik yang memadai agar dalam pelaksanaannya memiliki panduan dan arah yang jelas untuk memaksimalkan segala sumber daya yang dimiliki dalam memikat suara pemilih.

Pembahasan

Konsep Nilai Publik

Menurut Mark Moore, penciptaan nilai publik dibangun dari suatu strategi organisasional yaitu Trilogi Strategi atau a strategic triangle. Konsep ini dibangun dari suatu konsepsi tentang penciptaan nilai publik melalui pemberian layanan yang secara substansi sangat bernilai, aktivitas organisasi publik mendapat dukungan secara politik, dan organisasi dikelola secara efektif sesuai dengan bisnis utamanya. Menurut konsep ini, tugas manajer publik dianggap hampir sama dengan tugas seorang manajer dari sektor swasta. Manajer sektor swasta bertugas menciptakan nilai ekonomis bagi shareholders atau para pemilik modal, sedangkan para manajer publik diharapkan dapat menciptakan nilai publik dalam berbagai program yang dijalankannya.

Pasar politik

Menurut Firmanzah (2008), paradigma dari konsep marketing politik adalah;

  1. Marketing politik yang lebih dari sekedar komunikasi politik semata.
  2. Marketing politik yang diaplikasikan dalam keseluruhan proses, tidak terbatas pada kampanye politik, melainkan juga mencakup bagaimana membuat formulasi produk politik melalui pembangunan simbol, gambar, dan platform serta program yang ditawarkan.
  3. Marketing politik yang menggunakan konsep marketing secara luas meliputi teknik marketing, strategi marketing, teknik publikasi, penawaran ide dan program, desain produk, dan pemrosesan informasi.
  4. Marketing politik yang melibatkan banyak disiplin ilmu, dimana yang utama adalah ilmu sosiologi dan psikologi.
  5. Marketing politik dapat diterapkan dari pemilu hingga lobby politik di parlemen tingkat 1.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut tentang materi pelayanan publik pada link yomemimo.com/tugas/13596649

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh arinichoir dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 03 Aug 22