Anggaran pendapatan dan belanja akan memengaruhi sektor produksi. Jelaskan! ​.

Berikut ini adalah pertanyaan dari RiskiAM4833 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Anggaran pendapatan dan belanja akan memengaruhi sektor produksi. Jelaskan! ​.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Anggaran pendapatan dan belanja merupakan bagian dari perencanaan pengeluaran dan penerimaan keuangan pemerintah. Anggaran pendapatan mencakup sumber-sumber pendapatan pemerintah, seperti pajak, royalti, dan sumber-sumber pendapatan lainnya. Sedangkan anggaran belanja mencakup pengeluaran pemerintah, seperti belanja pegawai, belanja barang, dan belanja lainnya.

Anggaran pendapatan dan belanja akan memengaruhi sektor produksi karena pengeluaran pemerintah dapat berpengaruh terhadap tingkat permintaan akan barang dan jasa yang diproduksi oleh perusahaan-perusahaan di sektor produksi. Pengeluaran pemerintah yang tinggi dapat meningkatkan permintaan akan barang dan jasa, sehingga perusahaan-perusahaan di sektor produksi akan meningkatkan produksi untuk memenuhi permintaan tersebut. Sebaliknya, pengeluaran pemerintah yang rendah dapat menurunkan permintaan akan barang dan jasa, sehingga perusahaan-perusahaan di sektor produksi akan menurunkan produksi.

Selain itu, anggaran pendapatan pemerintah juga dapat memengaruhi tingkat investasi perusahaan di sektor produksi. Jika anggaran pendapatan pemerintah tinggi, maka pemerintah memiliki sumber dana yang lebih besar untuk melakukan investasi di sektor produksi. Hal ini dapat meningkatkan tingkat investasi perusahaan di sektor tersebut dan memperkuat daya saing perusahaan di pasar. Sebaliknya, jika anggaran pendapatan pemerintah rendah, maka pemerintah akan memiliki sumber dana yang lebih sedikit untuk melakukan investasi di sektor produksi, sehingga dapat menurunkan tingkat investasi perusahaan di sektor tersebut.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh AkiraRein dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 03 Apr 23