Permintaan suatu produk di tentukan oleh fungsi Q=40-0. 02p, dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari reyhan2339 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Permintaan suatu produk di tentukan oleh fungsi Q=40-0. 02p, dan penawarannya ditunjukan oleh fungsi Q=0. 1p50. Kuantitas dinyatakan dalam satuan ribu unit, sedangkan harga dalam rupiah. Jika permintaan dan penawaran menghasilkan keseimbangan pasar:a. Hitunglah surplus konsumen pada saat keseimbangan pasar??.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk menghitung surplus konsumen pada saat keseimbangan pasar, pertama-tama perlu ditentukan harga dan kuantitas keseimbangan pasar. Harga keseimbangan pasar dapat dicari dengan menyamakan fungsi permintaan dan penawaran, yaitu:

40 - 0.02p = 0.1p + 50

Dapat dituliskan sebagai:

0.12p = 90

p = 750

Maka, harga keseimbangan pasar adalah Rp.750.

Kuantitas keseimbangan pasar dapat dicari dengan menggunakan harga keseimbangan pasar tersebut pada salah satu fungsi permintaan atau penawaran. Misalnya, kuantitas keseimbangan pasar dapat dicari dengan menggunakan harga keseimbangan pasar pada fungsi permintaan, yaitu:

Q = 40 - 0.02p

= 40 - 0.02 x 750

= 40 - 15

= 25 ribu unit

Surplus konsumen pada saat keseimbangan pasar adalah selisih antara harga yang bersedia dibayar oleh konsumen dan harga yang harus dibayar oleh konsumen pada saat kuantitas yang dibutuhkan tersedia.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh AkiraRein dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 03 Apr 23