1. Pandemi Covid-19 masuk di Indonesia sejak diumumkan pada tanggal

Berikut ini adalah pertanyaan dari darmanjiwiranto pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Pandemi Covid-19 masuk di Indonesia sejak diumumkan pada tanggal 2 Maret 2020 memaksa adanya perubahan sosial. Tuntutan agar selalu adaptif dalam berbagai suasana mempercepat terjadinya perubahan sosial tersebut.Himbauan membatasi kerumunan dan physical distancing menyebabkan masyarakat lebih menerima platform penjualan online. Kebutuhan yang tetap dapat terpenuhi tanpa resiko untuk pergi ke pusat belanja. Rasa khawatir dan keengganan untuk melakukan jual beli online hilang. Tergantikan pilihan yang lebih aman dari virus. Kemudahan semakin banyak ditawarkan oleh para penjual online. Padahal untuk mendapatkan fasilitas kemudahan tersebut, tidak jarang pembeli harus memberikan identitas asli, semisal foto KTP atau alamat lengkap rumah, nomor telp, dan data diri lainnya.
a. Merujuk pada ilustrasi di atas, analisis menggunakan landasan berpikir perubahan sosial Selo Soemardjan!
b. Bagaimana pengaruh perubahan sosial di atas terhadap peristiwa hukum yang terjadi!


2. Jakarta - Anak-anak di bawah umur yang berkendara menjadi fenomena yang sering ditemui di Indonesia. Secara hukum, anak di bawah umur dilarang mengendarai kendaraan bermotor. Karena mereka belum layak mendapatkan SIM.
Memang, soal hukuman di Indonesia belum ada aturan yang secara spesifik merujuk kepada anak di bawah umur yang berkendara. Namun, anak-anak yang berkendara di jalan raya akan dikenakan sanksi yang cukup berat. Anak-anak di bawah umur yang sudah membawa kendaraan bermotor berarti melanggar peraturan mengenai kepemilikan SIM. Mereka sama saja berkendara tanpa memiliki SIM yang sanksinya sudah diatur dalam pasal 281 Undang-Undang No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Adapun sanksinya adalah setiap orang yang mengemudikan kendaraan bermotor di jalan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi dipidana dengan pidana kurungan paling lama empat bulan atau denda paling banyak Rp 1 juta. Seperti diketahui, untuk mendapatkan SIM setiap orang harus memenuhi beberapa syarat. Salah satu persyaratannya adalah usia yang sudah cukup. Adapun untuk mengemudi mobil (SIM A) dan motor (SIM C) usia pemohon SIM minimal 17 tahun. Sedangkan pemohon SIM B1 harus berusia minimal 20 tahun dan SIM BII berusia minimal 21 tahun.
a. Analisislah keterkaitan kasus di atas dengan faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum dalam masyarakat, yaitu pengakuan terhadap ketentuan hukum!
b. Merujuk kasus di atas, buatlah simpulan yang menyebabkan kesadaran hukum dalam masyarakat tidak berjalan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. a. Menurut Selo Soemardjan, perubahan sosial ialah segala bentuk perubahan yangterjadi pada lembaga - lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang bisa mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok masyarakat.  Berdasarkan landasan berpikir tersebut maka di Indonesia telah terjadi perubahan sosial yang diakibatkan oleh Pandemi Covid-19. Pandemi ini membawa perubahan dalam berbagai hal yang diantaranya physical distancing, dilarang berkerumun, membeli secara online dan lain lain. Hal ini membawa perubahan dalam hal nilai, sikap dan pola sosial masyarakat. Sebagi contoh, dengan diberlakukannya social distancing ini mengakibatkan seseorang akan menjadi kurang dalam hal interaksi sesama masyarakat. Kemudian karena semua hal dilakukan secara online, angka kebutuhan masyarakat meningkat sehingga masyarakat memutar cara agar segala kebutuhannya bisa terpenuhi dengan cara pinjaman online dan lainnnya yang mana hal ini bisa merubah pola pola perilaku dalam masyarakat.

b. Akibat dari peristiwa hukum tersebut ialah membawa pengaruh pada perubahan sosial dalam bentuk perilaku yang makin konsumtif. Jika suatu masyarakat terus melakukan pinjaman online secara terus menerus maka bisa mendorong individu untuk lebih mengutamakan pemenuhan keinginan dibanding kebutuhannya.

2. a. Berdasarkan soal tersebut maka faktor yang mempengaruhi kesadaran hukum dalam masyarakat, yaitu pengakuan terhadap ketentuan hukum. Artinya, ada beberapa masyarakat yang memahami terhadap peraturan yang ada di dalam hukum. Namun, hal ini belum cukup untuk membuat masyarakat mengakui ketentuan tersebut. Oleh karena itu dibuatkan sosialisasi mengani peraturan tentang larangan menggunakan motor untuk anak yang belum cukup umur supaya diharapkan mereka bisa memahami dan mengakui ketentuan tersebut.

b. Kesadaran hukum dalam masyarakat tidak berjalan dikarenakan oleh beberapa peraturan perundang-undangan yang telah dibuat oleh lembaga yang berwenang yang masih belum memperlihatkan perlindungan masyarakat. Serta kurangnya kesadaran dalam diri masyarakat untuk senantiasa menaati peraturan.

Pembahasan:

Perubahan sosial adalah suatu proses di mana terjadi perubahan struktur dan fungsi suatu sistem sosial di masyarakat. Perubahan sosial adalah adanya pergeseran struktur atau tatanan dalam kehidupan masyarakat. Perubahan dapat terjadi pada pola pikir, kehidupan sosial, dan lain sebagainya. Perubahan yang tidak dikehendaki atau yang tidak direncanakan (unplanned change) merupakan perubahan yang terjadi tanpa dikehendaki serta berlangsung di luar jangkauan pengawasan masyarakat. Perubahan sosial yang tidak dikehendaki (unintended change) atau tidak direncanakan (unplanned change) merupakan perubahan yang terjadi di luar jangkauan pengawasan masyarakat atau kemampuan manusia. Perubahan ini dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan masyarakat. Perubahan yang tidak direncanakan dapat menyebabkan timbulnya akibat-akibat sosial yang tidak diharapkan sehingga memberikan dampak negatif dalam kehidupan masyarakat. Misalnya, suatu bencana alam banjir atau gunung meletus berakibat pada rusaknya harta benda atau timbulnya korban jiwa sehingga merubah struktur sosial masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

Pelajari lebih lanjut materi tentang perubahan sosial pada yomemimo.com/tugas/16545903

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh vaalennnnnn dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 02 Feb 23