3. Pembelajaran di Era Pandemi covid-19 pada tingkat Sekolah dasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari cakraabelardo pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

3. Pembelajaran di Era Pandemi covid-19 pada tingkat Sekolah dasar dilaksanakan dengan polapembelajaran jarak jauh. Pembelajaran banyak dilakukan secara daring dengan memanfaatkan berbagai
aplikasi. Pak Rahmat mengajar di kelas 5 SD Cendekia, dalam mengajar pak Rahmat mengalami
kesulitan. Beliau masih menggunakan pola-pola lama dengan menggunakan bantuan media buku teks
dan LKS serta komunikasi mengandalkan social media (Whatsapp). Para siswa mengeluh bosan dan
pembelajaran tidak menyenangkan dan menantang.
Pertanyaan:
Berdasarkan gambaran kasus yang disajikan, bagaimanakah karakteristik siswa yang dihadapi oleh pak
Rahmat dan bagaimana cara yang ideal untuk dilakukan dalam memfasilitasi pembelajaran? Jelaskan

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  • Karakteristik siswa dalam proses pembelajaran membutuhkan metode yang berbeda atau gaya belajar yang berbeda sehingga siwa tidak jenuh saat proses pembelajaran.
  • Cara yang dilakukan dalam mefasilitasi pembelajaran yaitu dengan menambah beberapa metode pembelajaran seperti menyajikan video atau gambar, membentuk kelompok belajar kecil agar siswa tidak merasa bosan.

Pembahasan :

Pembelajaran “daring” sebagai pilihan tunggal dalam kondisi pencegahan penyebaran covid 19memberi warna khusus pada masa perjuangan melawan virus ini. Bahkan bentuk pembelajaran ini juga dapat dimaknai pembatasan akses pendidikan. Pendidikan yang lumrah berlangsung dengan interaksi langsung antar unsur (pendidik dan tenaga kependidikan dan peserta didik) beralih menjadi pembelajaran interaksi tidak langsung.

Sehingga diperlukannya beberapa metode agar siswa tidak bosan dalam proses pembelajaran daring. Dapat dilakukan dengan berbagai gaya belajar seperti menonton video atau rekaman dan juga membentuk kelompok kecil yang dapat dilakukan beberapa kali dalam 1 minggu.

Pelajari lebih lanjut

Fungsi dan tujuan komunikasi daring

yomemimo.com/tugas/260787

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 30 Jan 23