jelaskan persamaan arti penting umkm di dunia dan maupun di

Berikut ini adalah pertanyaan dari riswannandi0 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan persamaan arti penting umkm di dunia dan maupun di indonesia​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil dan Menengah. UKM adalah usaha produktif yang dijalankan oleh perorangan atau usaha kecil. Tujuan UMKM adalah menumbuhkan dan mengembangkan usahanya untuk membangun perekonomian nasional berdasarkan demokrasi ekonomi yang berkeadilan.

Peran UKM di Indonesia sendiri:

1. Meningkatkan kesempatan kerja dan kesempatan kerja. 2. Pembentukan produk nasional bruto (PDB).

3. Menyediakan jaring pengaman, terutama bagi masyarakat miskin untuk melakukan kegiatan ekonomi produktif.

Mengutip dari buku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah di Indonesia karya Tulus Tambunan (2001) Peran UKM dalam perekonomian dan pembangunan Indonesia, antara lain:

1. Peran UKM tidak hanya dikenal di negara berkembang tetapi juga di negara maju. 2. UKM sangat penting baik di negara maju maupun negara berkembang karena membutuhkan tenaga kerja yang paling banyak dibandingkan dengan perusahaan besar.

3. Porsi UKM dalam penciptaan atau pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) terbesar dibandingkan dengan pangsa perusahaan besar.

Berdasarkan pemaparan di atas, UKM berperan dalam tiga peran perekonomian Indonesia, antara lain sebagai sarana untuk meratakan taraf ekonomi rakyat, mengentaskan kemiskinan dan memberikan pemasukan bagi nilai tukar negara.  

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh marklee30 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 10 Jul 23