2. Suatu perusahaan mempunyai fungsi produksi Q = K²L², dimana

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. Suatu perusahaan mempunyai fungsi produksi Q = K²L², dimana Q = jumlah produksi, K = input kapital, L=input tenaga kerja. Anggaran biaya yang tersedia untuk mendukung kedua jenis input produksi tersebut sebesar $ 250, dengan harga kapital $ 1 per unit dan upah tenaga kerja $ 2 per jam. Dengan menggunakan metode keseimbangan produsen dan metode Lagrange multiplier, tentukanlah : a. Jumlah kombinasi input kapital dan input tenaga kerja untuk memaksimumkan jumlah produksi, dan berapa jumlah produksi? b. Nilai marginal produksi atas penggunaan input kapital (MPK) dan nilai marginal produksi atas penggunaan input tenaga kerja (MPL), dan apa interpretasi nilai MPK dan MPL tersebut?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

a. Jumlah kombinasi input kapital dan input tenaga kerja untuk memaksimumkan jumlah produksi adalah K = 25 dan L = 10, dengan jumlah produksi maksimum Q = 25.000.

b. Nilai marginal produksi atas penggunaan input kapital (MPK) dan nilai marginal produksi atas penggunaan input tenaga kerja (MPL) adalah MPK = 50 dan MPL = 40. Nilai MPK dan MPL menunjukkan bahwa peningkatan sebesar 1 unit dalam kapital akan meningkatkan jumlah produksi sebesar 50 unit, sedangkan peningkatan sebesar 1 jam tenaga kerja akan meningkatkan jumlah produksi sebesar 40 unit.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh lairaaneslia dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Mar 23