kenapa investor dikatakan sebagai penguji produk?​

Berikut ini adalah pertanyaan dari idevananda06 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Kenapa investor dikatakan sebagai penguji produk?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Konsep Hipotesis Pasar Efisien / Efficient Market Hypothesis (EMH) diformulasikan pertama kali oleh Paul Samuelson dan Eugene Fama pada tahun 1960-an. EMH merupakan teori yang fenomenal yang mengundang banyak peneliti maupun investor melakukan penelitian secara empirik tentang kebenaran teori ini sejak dikemukakan oleh Fama di tahun 1970. Konsep utama EMH adalah bahwa harga-harga yang terbentuk di pasar yang efisien, telah mencerminkan seluruh informasi yang relevan yang tersedia (stock prices reflect all availabe information)

Pengujian demi pengujian terus dilakukan sejak konsep ini dikemukakan sampai saat ini untuk mengetahui seberapa efisien pasar modal di suatu negara. Banyak peneliti maupun investor berbeda pendapat tentang konsep EMH ini, secara teoritis EMH memang merupakan kondisi ideal, namun para peneliti menganggap bahwa konsep ini pada akhirnya tidak realistik (Naseer and Tariq, 2015). Namun menurut Ardalan, (2020), perilaku para pelaku pasar di bursa selalu memiliki kecenderungan untuk menjadikan pasar tidak efisien. Kata efisien di sini berarti investor tidak mungkin dapat “mengalahkan” pasar (no one can beat the market), dengan perkataan lain bahwa tidak mungkin investor memperoleh abnormal return ketika pasar disebut efisien.

Penjelasan:

Informasi yang dimaksudkan dalam konteks EMH terbagi menjadi tiga jenis, yaitu (1) informasi historikal harga saham di masa lalu, (2) informasi publikdan (3) informasi privat atau informasi yang berasal dari dalam pasar. Sedangkan asumsi-asumsi yang harus terbangun agar tercapainya kondisi pasar efisien adalah sebagai berikut :

1.Terdapat banyak investor yang rasional dan berusaha memaksimalkan profit

2.Investor-investor tersebut adalah price taker, sehingga tindakan dari satu investor tidak akan mampu mempengaruhi harga dari sekuritas.

3.Seluruh pelaku pasar memperoleh informasi pada saat yang sama dan tanpa biaya.

4.Informasi yang terjadi bersifat random dan tidak dapat diprediksi

5.Investor bereaksi cepat terhadap informasi yang baru, sehingga harga sekuritas akan berubah sesuai dengan perubahan nilai sebenarnya akibat informasi tersebut.

Semoga membantu

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh floritatriyanti74 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 09 Dec 22