Saudara adalah akuntan dari PT ABS yang merupakan perusahaan penyedia

Berikut ini adalah pertanyaan dari verlianivaleri17 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Saudara adalah akuntan dari PT ABS yang merupakan perusahaan penyedia layanan perbaikan dan pemeliharaan komputer yang baru berdiri awal tahun 2022. Pada awal pendirian perusahaan, pemiliknya menyetor uang tunai senilai Rp100.000.000 untuk modal usahanya. Perusahaan juga menerima pinjaman sebesar Rp25.000.000 dari Bank Merdeka dalam bentuk tunai. Jelaskan persamaan dasar Akuntansi (dengan nilai rupiah) beserta alasan yang mendasari pertimbangan Saudara

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Terlampir pada jawaban ini adalah bentuk persamaan dasar akutansi dari PT ABS sesuai dengan soal di atas.

  • Setoran uang sebagai modal usaha memunculkan akun kas dan akun ekuitas/modal.
  • Transaksi peminjaman uang dari Bank memunculkan akun kas dan akun liabilitas. Akun kas karena masuk ke dalam kas perusahaan, namun berupa hutang.

Pembahasan

Diketahui:

  • Pemilik perusahaan menyetor uang tunai sebesar Rp100.000.000,00 (modal usaha).
  • Perusahaan menerima pinjaman dari bank sebesar Rp25.000.000,00

Ditanya: persamaan dasar akutansinya.

Jawab:

Persamaandasar akutansi merupakan hubungan antara unsur unsur harta, utang dan ekuitas dalam satu posisi keuangan perusahaan. Dimana persamaan ini aktiva (aset) sama dengan passiva (liabilitas dan ekuitas).

  • Pemilik menyetorkan uang sebagai modal usaha, sehingga akun kas bertambah akibat adanya uang tunai yang disetorkan ke dalam perusahaan oleh pemilik. Pada sisi lain, akun ekuitas atau modal juga bertambah karena uang yang disetorkan tersebut merupakan uang ekuitas awal perusahaan.
  • Perusahaan menerima pinjaman uang dari Bank. Transaksi tersebut mempengaruhi kelompok aset yaitu kas dan juga kelompok liabilitas yaitu utang bank. Adanya pinjaman ke bank menyebabkan uang kas dan utang bank bertambah sebesar Rp25.000.000.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang persamaan dasar akuntansi yomemimo.com/tugas/45221506

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Terlampir pada jawaban ini adalah bentuk persamaan dasar akutansi dari PT ABS sesuai dengan soal di atas. Setoran uang sebagai modal usaha memunculkan akun kas dan akun ekuitas/modal.Transaksi peminjaman uang dari Bank memunculkan akun kas dan akun liabilitas. Akun kas karena masuk ke dalam kas perusahaan, namun berupa hutang.PembahasanDiketahui:Pemilik perusahaan menyetor uang tunai sebesar Rp100.000.000,00 (modal usaha).Perusahaan menerima pinjaman dari bank sebesar Rp25.000.000,00Ditanya: persamaan dasar akutansinya.Jawab:Persamaandasar akutansi merupakan hubungan antara unsur unsur harta, utang dan ekuitas dalam satu posisi keuangan perusahaan. Dimana persamaan ini aktiva (aset) sama dengan passiva (liabilitas dan ekuitas).Pemilik menyetorkan uang sebagai modal usaha, sehingga akun kas bertambah akibat adanya uang tunai yang disetorkan ke dalam perusahaan oleh pemilik. Pada sisi lain, akun ekuitas atau modal juga bertambah karena uang yang disetorkan tersebut merupakan uang ekuitas awal perusahaan.Perusahaan menerima pinjaman uang dari Bank. Transaksi tersebut mempengaruhi kelompok aset yaitu kas dan juga kelompok liabilitas yaitu utang bank. Adanya pinjaman ke bank menyebabkan uang kas dan utang bank bertambah sebesar Rp25.000.000.Pelajari lebih lanjutMateri tentang persamaan dasar akuntansi https://brainly.co.id/tugas/45221506#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ChristaviaAyunda dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 01 Jan 23