Mengapa peran kelompok perempuan, anak-anak, atau remaja penting di dalam

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Mengapa peran kelompok perempuan, anak-anak, atau remaja penting di dalam proses community mapping? Berikan contoh mengapa pentingnya suara kelompok-kelompok di atas. Misalnya di dalam konteks perencanaan tata ruang atau mitigasi bencana (seperti mitigasi gempa bumi). Jelaskan!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Peran kelompok perempuan, anak-anak, dan remaja penting dalam proses community mapping karena mereka masing-masing memiliki pandangan yang berbeda terhadap area yang akan dikaji. Kebutuhan dan perspektif mereka dapat memberikan wawasan unik dan dapat melengkapi informasi yang diperoleh dari orang dewasa.

Perempuan dapat membantu dalam mengidentifikasi masalah yang berhubungan dengan hak asasi manusia dalam konteks perencanaan tata ruang. Mereka dapat memberikan wawasan tentang hak untuk mendapatkan akses terhadap sumber daya alam, hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak, dan hak untuk mendapatkan layanan kesehatan yang berkualitas. Perempuan juga memiliki perspektif yang berbeda tentang kesetaraan gender dalam tata ruang.

Anak-anak dan remaja dapat memberikan perspektif unik saat menyusun peta komunitas. Mereka dapat memberikan informasi tentang lokasi yang tidak dapat diakses oleh orang dewasa dan juga informasi tentang lokasi yang memiliki potensi bencana. Di konteks mitigasi bencana, seperti mitigasi gempa bumi, informasi ini dapat membantu dalam mengidentifikasi faktor risiko dan mengambil tindakan preventif untuk mengurangi dampak bencana. Anak-anak dan remaja juga dapat menyediakan wawasan tentang bagaimana bencana memengaruhi lingkungan tempat mereka tinggal dan bagaimana itu memengaruhi kehidupan mereka.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh agungboy615 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 12 Mar 23