Bagaimana kondisi intergrasi ekonomi asean yang terjadi pada Indonesia

Berikut ini adalah pertanyaan dari adikaka736 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Bagaimana kondisi intergrasi ekonomi asean yang terjadi pada Indonesia

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Integrasi ekonomi ASEAN merupakan upaya kerjasama ekonomi antara negara-negara anggota ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) yang terdiri dari Brunei Darussalam, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Indonesia merupakan salah satu negara anggota ASEAN yang telah mengalami integrasi ekonomi dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Kondisi integrasi ekonomi ASEAN di Indonesia saat ini dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

Kerjasama perdagangan: Indonesia telah terlibat dalam beberapa mekanisme perdagangan bebas di kawasan ASEAN, seperti AFTA (ASEAN Free Trade Area) dan ASEAN-China Free Trade Area (ACFTA). AFTA memperkenalkan sistem tarif nol atau tarif ganda nol untuk produk-produk industri yang diperdagangkan antarnegara anggota ASEAN. Sedangkan ACFTA memperkenalkan tarif nol atau tarif ganda nol untuk produk-produk industri yang diperdagangkan antara ASEAN dan China.

Kerjasama investasi: Indonesia juga terlibat dalam kerjasama investasi di kawasan ASEAN, seperti dengan memperkenalkan ASEAN Single Window yang mempermudah proses investasi di kawasan ASEAN. Selain itu, Indonesia juga telah menandatangani beberapa perjanjian kerjasama investasi dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN.

Kerjasama ekonomi lainnya: Selain perdagangan dan investasi, Indonesia juga terlibat dalam kerjasama ekonomi lain di kawasan ASEAN, seperti kerjasama pertukaran pelajar dan mahasiswa, kerjasama dalam bidang pariwisata, dan kerjasama dalam bidang transportasi.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Indonesia telah terintegrasi secara ekonomi dengan negara-negara lain di kawasan ASEAN melalui beberapa mekanisme kerjasama yang telah ditetapkan.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dimasanugrah9jp0b40r dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 19 Mar 23