Apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mengatur dan mengawasi

Berikut ini adalah pertanyaan dari naiislala pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apa yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam mengatur dan mengawasi penggunaan alat pembayaran non tunai di Indonesia?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:
Mapel: Ekonomi
Kelas: 10-11 SMA

Bank Indonesia memiliki peran penting dalam mengatur dan mengawasi penggunaan alat pembayaran non tunai di Indonesia. Beberapa langkah yang dilakukan oleh Bank Indonesia dalam hal ini antara lain:


1. Penyusunan kebijakan:
Bank Indonesia menyusun kebijakan terkait penggunaan alat pembayaran non tunai, termasuk regulasi mengenai sistem pembayaran elektronik, e-money, dan transaksi non tunai lainnya.

2. Pemberian izin dan pengawasan lembaga penyelenggara: Bank Indonesia memberikan izin kepada lembaga penyelenggara sistem pembayaran elektronik (LSPE) dan mengawasi kegiatan mereka.

3. Pengembangan standar dan interoperabilitas: Bank Indonesia mengembangkan standar teknis dan keamanan untuk alat pembayaran non tunai serta mendorong interoperabilitas antarlembaga penyelenggara.

4. Edukasi dan sosialisasi: Bank Indonesia melakukan kegiatan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang manfaat, cara penggunaan, dan keamanan alat pembayaran non tunai.

5. Penanganan keluhan dan perlindungan konsumen: Bank Indonesia memiliki peran dalam menangani keluhan terkait penggunaan alat pembayaran non tunai dan melindungi hak konsumen.

Penjelasan:
Semoga Bermanfaat

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh fireflies97 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 15 Aug 23