1. Salah satu teori penting dalam Humas adalah teori agenda

Berikut ini adalah pertanyaan dari dindakholifah358 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Salah satu teori penting dalam Humas adalah teori agenda setting. Berdasarkan pernyataan berikut, identifikasilah masing-masing mana pernyataan yang benar dan keliru mengenai teori agenda setting. Sertakan alasannya.a. Teori agenda setting menjelaskan bagaimana suatu ide, gagasan, praktik, atau penemuan baru
disebarkan kemudian diterima oleh para pemakai yang menjadi sasaran komunikasi.
b. Penentuan agenda media dilakukan agar publik menganggap isu yang diangkat media sebagai
masalah yang paling penting.
2. Menulis merupakan salah satu pekerjaan Humas yang utama. Oleh karena itu, kemampuan menulis
menjadi syarat mutlak yang harus dimiliki praktisi Humas.
Buatlah sebuah tulisan informatif yang ditujukan untuk internal perusahaan mengenai adanya pergantian
pimpinan baru di perusahaan. Sebagai tulisan informatif, tulisan yang Anda buat harus memenuhi unsur
faktual.






READY WA 0896-5500-5000.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berikut jawaban untuk kedua soal di atas mengenai teori dalam Humas:

(1) Berikut identifikasi atas masing-masing pernyataan yang disajikan:

  • Pernyataan benar: "Teori agenda setting menjelaskan bagaimana suatu ide, gagasan, praktik, atau penemuan baru disebarankan kemudian diterima oleh para pemakai yang menjadi sasaran komunikasi." Alasannya: teori agenda setting berfokus pada pengaruh media dalam menentukan isu-isu yang dianggap penting oleh masyarakat.
  • Pernyataan keliru: "Penentuan agenda media dilakukan agar publik menganggap isu yang diangkat media sebagai masalah yang paling penting." Alasan: teori agenda setting tak berpendapat bahwa media secara sengaja menentukan agenda guna mempengaruhi pandangan publik, melainkan mencerminkan bagaimana media mempengaruhi perhatian juga penilaian masyarakat.

(2) Tulisan informatif mengenai pergantian pimpinan baru di perusahaan:

  • "Pada tanggal [tanggal], kami dengan senang hati mengumumkan adanya pergantian pimpinan di perusahaan. [Nama pimpinan baru] akan menggantikan [nama pimpinan sebelumnya] sebagai [posisi baru]. Kami yakin bahwa [nama pimpinan baru] akan membawa pengalaman dan visi yang berharga dalam memimpin perusahaan ke masa depan yang lebih baik."

Pembahasan

Pada soal nomor 2, tulisan tersebut memberi informasi faktual tentang adanya pergantian pimpinan baru di perusahaan, termasuk tanggal pengumuman, nama pimpinan baru, posisi yang diisi dan keyakinan bahwa pimpinan baru akan membawa perusahaan ke arah yang lebih baik. Tulisan ini bertujuan untuk memberi informasi jelas dan faktual untuk karyawan juga anggota internal perusahaan.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 20 Aug 23