harga yang berlaku dipasar persaingan sempurna untuk barang x sebesar

Berikut ini adalah pertanyaan dari lilianadaeli3982 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Harga yang berlaku dipasar persaingan sempurna untuk barang x sebesar 50 untuk menghasilkan barang tersebut diperlukan biaya tc = 100-20x+0,5xberapa x akan dijual agar keuntungan maksimal
berapa besar keuntungan nya
gambarkan grafiknya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk mencari nilai x yang akan dijual agar keuntungan maksimal, kita bisa menggunakan persamaan keuntungan yang ditunjukkan sebagai selisih antara harga jual dan biaya total. Persamaan keuntungan tersebut dapat dituliskan sebagai berikut:

Keuntungan = Harga Jual - Biaya Total

= 50 - (100 - 20x + 0,5x)

= 50 - 100 + 20x - 0,5x

= -50 + 20x - 0,5x

= -50 + (20 - 0,5)x

= -50 + 19,5x

Kita ingin mencari nilai x yang akan dijual agar keuntungan maksimal, sehingga kita harus mencari nilai x yang memaksimalkan persamaan keuntungan di atas. Kita bisa melakukan ini dengan mencari turunan pertama dari persamaan keuntungan tersebut, yang dapat dituliskan sebagai berikut:

dKeuntungan/dx = 19,5

Kita bisa menggunakan turunan pertama ini untuk mencari nilai x yang memaksimalkan keuntungan dengan menemukan nilai x yang menyebabkan turunan pertama bernilai nol. Jika kita menemukan nilai x yang memenuhi kondisi ini, maka kita akan tahu bahwa keuntungan maksimal tercapai pada nilai x tersebut.

Dengan demikian, dengan menemukan nilai x yang memenuhi persamaan dKeuntungan/dx = 0, kita akan dapat menemukan nilai x yang akan dijual agar keuntungan maksimal. Persamaan dKeuntungan/dx = 0 dapat dituliskan sebagai berikut:

19,5 = 0

Jadi, x harus bernilai 0 agar keuntungan maksimal.

Untuk menghitung besar keuntungan yang diperoleh dengan menjual barang pada nilai x yang memaksimalkan keuntungan, kita bisa menggunakan persamaan keuntungan yang telah kita buat sebelumnya. Dengan menggunakan nilai x = 0, kita bisa menghitung keuntungan sebagai berikut:

Keuntungan = Harga Jual - Biaya Total

= 50 - (100 - 20x + 0,5x)

= 50 - (100 - 0 + 0)

= 50 - 100

= -50

Jadi, keuntungan yang diperoleh dengan menjual barang pada nilai x yang memaksimalkan keuntungan adalah sebesar -50. Ini berarti bahwa perusahaan akan mengalami kerugian

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ahmadgazalirtu123 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 17 Mar 23