Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada

Berikut ini adalah pertanyaan dari ulfahamira17 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Menjelang memasuki bulan Ramadhan, PT Prima Sehat memprediksi akan ada peningkatan kebutuhan akan daging segar. Untuk itu perusahaan berupaya mengoptimalkan momen ini bagi peningkatan keuntungan perusahaan. Salah satu upaya yg dilakukan adalah mengotimalkan pendapatan dari sektor peternakan dengan menghitung optimalisasi pangan ternak. Bahan baku pakan ternak yang digunakan saat ini adalah sangka dan kala, dengan harga Rp. 20 dan Rp. 30 per kg. Setiap pakan ternak harus mengandung unsur alfa tidak kurang dari 30 unit dan gama 120 unit, serta unsur beta paling banyak 280 unit. Komposisi pakan yang terdiri dari sangka dan kala adalah paling banyak 8 berbanding 1. Dari informasi yng diterima diketahui komposisi per kg sangka terdiri dari alfa 6 unit, Beta 20 unit dan 10 unit Gama. Sedangkan per kg Kala mengandung komposisi alfa 3 unit, Beta 40 unit dan 40 unit Gama. Perusahaan hanya menyediakan Sangka sebanyak 8 Kg setiap kali proses Silahkan gunakan programa linier metode grapik untuk menyelesaikan kasus di atas ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Permasalahan di atas bisa diselesaikan menggunakan metode grafik untuk program linier. PT Prima Sehat bisa memaksimalkan pendapatan dengan memproduksi kombinasi optimal pakan ternak. Dari komposisi dan batasan yang diberikan, perusahaan mampu menghasilkan pakan ternak dengan memadukan sangka dan kala dalam rasio 6:1.

Dengan mempertimbangkan ketersediaan 8 kg sangka, PT Prima Sehat bisa memproduksi pakan ternak sebanyak 48 kg sangka dan 8 kg kala guna memenuhi kebutuhan pasar menjelang bulan Ramadhan.

Pembahasan

Pada soal ini, PT Prima Sehat ingin mengoptimalkan keuntungan dengan menggunakan metode program linier grafik. Berdasarkan informasi yang diberikan, perusahaan menggunakan dua bahan baku untuk pakan ternak yakni sangka dan kala. Dengan mengikuti rasio komposisi yang telah ditentukan (6:1 untuk sangka dan kala), serta mempertimbangkan batasan ketersediaan 8 kg sangka, perusahaan mampu menghasilkan 48 kg sangka dan 8 kg kala dalam rangkka memenuhi kebutuhan pasar sebelum bulan Ramadhan.

Metode program linier grafik merupakan salah satu metode yang dipergunakan dalam memecahkan masalah program linier. Metode ini melibatkan penggunaan grafik dan garis lurus untuk memvisualisasikan batasan-batasan dan solusi-solusi optimal dari permasalahan program linier. Metode program linier grafik biasanya digunakan untuk permasalahan dengan dua variabel keputusan yang memungkinkan representasi grafik yang sederhana dan mudah dipahami. Namun pada kasus yang melibatkan lebih dari dua variabel keputusan, metode ini dipandang efektif.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 06 Aug 23