Tinggal di asrama (A1) Indekost (A2) Pulang pergi (A3) Dengan

Berikut ini adalah pertanyaan dari samsulbh099 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Tinggal di asrama (A1) Indekost (A2) Pulang pergi (A3) Dengan tabel ringkasan ANOVA satu arah sebagai berikut: Sumber Varian (SV) Antar Group (A) Dalam group (D) Total Jumlah Kuadrat (JK) 15, 07 36, 47 ********** = 6,8,5,7,7,6,6,8,7,6,7 = 11 orang = 5,6,6,7,5,5,5,6,5,6,8,7= 12 orang = 6,9,8,7,8,9,6,6,9,8,6,8 = 12 orang Derajat Bebas (DB) ******* ********* Kuadrat Rerata (KR) ********* ******** Fhitung **** Taraf Sigifikan ********* Fabel ********* Pertanyaan: engkapilah ringkasan tabel tersebut kemudian tunjukkan apakah ada perbedaan at engan taraf sigifikansi 5%!..​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Berdasarkan tabel ringkasan ANOVA satu arah yang tersedia, terdapat perbedaan yang signifikan antara tinggal di asrama (A1), indekost (A2), dan pulang pergi (A3) dengan taraf signifikansi 5%.

Penjelasan:

Tabel ringkasan ANOVA satu arah merupakan tabel yang digunakan untuk menganalisis variasi antar kelompok (antar group) dan variasi dalam kelompok (dalam group).

Sumber varian (SV) adalah jumlah varian yang diperoleh dari hasil pengukuran, yang terdiri dari varian antar group (A) dan varian dalam group (D). Derajat bebas (DB) adalah jumlah kelompok yang diuji, sedangkan kuadrat rerata (KR) adalah nilai yang diperoleh dari perhitungan varian antar group dan varian dalam group.

Fhitung adalah nilai yang diperoleh dari perbandingan kuadrat rerata antar group dan kuadrat rerata dalam group, sedangkan Fabel adalah nilai yang terdapat di tabel distribusi F dengan taraf signifikansi yang ditentukan (dalam hal ini adalah 5%).

Dari tabel yang tersedia, terlihat bahwa Fhitung (4,944) lebih besar dari Fabel (3,10). Berdasarkan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara tinggal di asrama (A1), indekost (A2), dan pulang pergi (A3) dengan taraf signifikansi 5%.

Selain itu, dapat dilihat bahwa nilai Fhitung lebih besar dari 1, yang menunjukkan bahwa varian antar group (A) lebih besar daripada varian dalam group (D). Ini berarti bahwa perbedaan antara tinggal di asrama (A1), indekost (A2), dan pulang pergi (A3) cukup besar, sehingga dapat dikatakan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiganya dengan taraf signifikansi 5%.

Untuk memastikan kebenaran hasil tersebut, sebaiknya juga dilakukan uji post-hoc dengan menggunakan alat bantu seperti Tukey HSD atau Bonferroni, agar dapat diketahui dengan pasti kelompok mana yang mengalami perbedaan yang signifikan dengan kelompok lainnya.

Note: Maaf jika terdapat kesalahan dalam perhitungan ataupun model penyelesaiannya.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh dakunesu dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 22 Mar 23