Jelaskan dan beri alasan apakah tipe kepemimpinan karismatik masih efektif

Berikut ini adalah pertanyaan dari andhikahardian32 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan dan beri alasan apakah tipe kepemimpinan karismatik masih efektif diterapkan pada sebuah organisasi sedangkan bertolak belakang dengan teori sifat kepemimpinan?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kepemimpinan karismatik (charismatic leadership) adalah gaya kepemimpinan dengan menonjolkan karisma untuk menarik dan menginspirasi pengabdian oleh orang lain.Pemimpin lebih percaya padavisi dan kemampuannya sendiri daripada pada para pengikut.

Pembahasan

Pemimpin karismatik lebih banyak berkomunikasi dengan pengikutnya dibandingkan tipe kepemimpinan lainnya. Pemimpin karismatik menginspirasi dan memotivasi pengikut untuk berkomitmen terhadap tujuan. Gaya kepemimpinan karismatik bekerja dengan baik selama pergantian organisasi yang mendesak dan sangat baik dalam memotivasi pengikut untuk melakukan apa pun yang diperlukan.

Karakteristik kepemimpinan karismatik adalah

  • Visioner. Pemimpin memikirkan atau merencanakan masa depan dengan kebijaksanaan dan imaginasi.
  • Kreatif. Mereka berpikir di luar kotak, menerima tantangan dan melihatnya sebagai peluang.
  • Kerendahan hati. Pemimpin peka terhadap lingkungan mereka dan kebutuhan pengikut. Mereka berhati-hati agar tidak menimbulkan ketidaknyamanan atau melukai orang lain.
  • Risk taker. Pemimpin berani untuk mengambil risiko pribadi demi mewujudkan visi dan menuju kondisi yang lebih baik.
  • Pantang menyerah. Mereka tidak takut gagal meski harus menghadapi perjuangan dan tantangan yang sulit, bahkan berisiko kematian.

Alasan tipe kepemimpinan karismatik masih efektif diterapkan pada sebuah organisasi adalah

  • Dapat membangun energi positif dan optimisme sehingga membuat pengikut percaya diri bahwa mereka berada pada jalur yang tepat.
  • Membangun komitmen kuat diantara para pengikut. Sehingga, pengikut kompak untuk melaksanakan dan mewujudkan visi misinya bersama.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang gaya kepemimpinan yomemimo.com/tugas/4967079
  2. Materi tentang kelebihan dan kekurangan gaya kepemimpinan yomemimo.com/tugas/19798184

#BelajarBersamaBrainly #SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh melisa990 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 01 Mar 23