1. Kapan terjadinya surplus dari segi permintaan padahal harga naik? 2.

Berikut ini adalah pertanyaan dari ncunin pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1. Kapan terjadinya surplus dari segi permintaan padahal harga naik?2. Kapan masyarakat bisa menyeimbangkan pasar saat penawaran turun? Jelaskan.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

1. Terjadinya surplusdari segi permintaan padahal harga naik apabilakonsumen bersedia membayardengan harga yanglebih tinggi dari pada pasar.

2. Masyarakatbisamenyeimbangkanpasar saat penawaran turun yaitu ketikamasyarakat mampu meningkatkan daya beli barang tersebut.

PEMBAHASAN

Surplus konsumen terjadi ketika konsumen membayar dengan harga lebih tinggi, dari harga pasar. Grafik dari surplus konsumen menjelaskan penawaran dan permintaan barang. Konsumen akan mengkonsumsi sejumlah barang, bahkan mereka akan membayar harga lebih tinggi dari harga pasar.

Harga keseimbangan adalah ketika penawaran barang sesuai dengan permintaan. Keseimbangan pasar adalah kondisi dimana jumlah penawaran sama besar dengan jumlah permintaan. Fungsi harga keseimbangan yaitu

  • Memperoleh kesepakatan harga yang disenangi antara penjual dan juga pembeli,
  • Menentukan teknologi yang tepat untuk bisa digunakan dalam proses produksi.

Untuk mencari harga keseimbangan kita bisa menggunakan rumus Qd = Qs.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang Surplus permintaan yomemimo.com/tugas/51098866

#BelajarBersamaBrainly#SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh ayliyacute dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 08 Jan 23