Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, sistem pembayaran juga

Berikut ini adalah pertanyaan dari friscaanindaa pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi dan digitalisasi, sistem pembayaran juga mengalami evolusi. Mekanisme transaksi yang berubah dan menuntut pembayaran yang praktis membuat peran uang tunai tergantikan uang nontunai. Bagaimana dampak perubahan ini bagi kondisi perekonomian nasional?​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Salah satu bentuk evolusiyang terjadi dalamsistem pembayaranakibatdigitalisasidan pesatnyaperkembangan teknologiadalah digunakannyauang non tunai untuk menggantikan peran uang tunai. Terhadap perekonomian nasional, dampakdariperubahan ini cukup besar karena mendorong pemerintah untuk menyediakan fasilitas dan sarana yang memadai untuk memfasilitasi masing-masing daerah dalam penggunaan uang non tunai tersebut. Contohnya adalah penggunaan kartu tol untuk pembayaran di gerbang tol.

Pembahasan

Uang non tunai adalah salah satu bentuk nyata dari adanya perkembangan teknologi yang berdampak dalam bidang ekonomi. Penggunaan uang non tunai ini bisa dibilang cukup bermanfaat karena membuat transaksi yang terjadi menjadi lebih praktis. Namun, uang non tunai ini harus bisa diregulasi secara jelas oleh pemerintah agar tidak ada perusahaan penyedia layanan uang non tunai yang menyalahgunakan jasanya dan merugikan masyarakat.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang dampak negatif perkembangan IPTEK dalam bidang ekonomi yomemimo.com/tugas/14310857

#BelajarBersamaBrainly #SPJ9

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh sebastiandennis dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 27 Nov 22