Deskripsikan hubungan dari masing-masing pernyataan dibawah ini menggunakan kurva permintaan

Berikut ini adalah pertanyaan dari ramadhanfadhilahnur pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Deskripsikan hubungan dari masing-masing pernyataan dibawah ini menggunakan kurva permintaan dan penawaran, perlihatkan pengaruh hubungan dari peristiwa-peristiwa berikut ini :Gorengan merupakan makanan yang enak dan murah. Gorengan identik dengan minyak goreng. Saat ini, banyak para aktivis yang menggalakan semboyan “hidup sehat” :
a. Harga tempe meningkat.
b. Inovasi minyak goreng non kolesterol. ​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Dalam kurva permintaan dan penawaran, hubungan antara harga dan kuantitas diminta dan ditawarkan diwakili oleh kurva. Ketika harga naik, kuantitas diminta cenderung menurun, sementara kuantitas yang ditawarkan cenderung meningkat. Sebaliknya, ketika harga turun, kuantitas diminta cenderung meningkat, sementara kuantitas yang ditawarkan cenderung menurun.

Dalam kasus ini, jika gorengan dianggap sebagai barang, maka kenaikan harga tempe dapat mempengaruhi permintaan gorengan. Karena gorengan dikenal sebagai makanan murah, maka jika harga tempe naik, maka konsumen mungkin beralih ke membeli gorengan daripada membeli tempe. Oleh karena itu, kuantitas diminta untuk gorengan dapat meningkat, yang tercermin dalam peningkatan permintaan pada kurva permintaan.

Di sisi lain, jika ada inovasi minyak goreng non kolesterol, ini dapat mempengaruhi kuantitas yang ditawarkan pada kurva penawaran gorengan. Jika minyak goreng non kolesterol lebih efektif atau lebih murah untuk diproduksi daripada minyak goreng biasa, maka produsen gorengan mungkin akan beralih ke menggunakan minyak goreng tersebut. Hal ini dapat menghasilkan peningkatan kuantitas yang ditawarkan pada kurva penawaran.

Namun, peristiwa "hidup sehat" yang diiklankan oleh para aktivis dapat mempengaruhi kedua kurva. Jika semakin banyak orang yang memilih hidup sehat dan tidak ingin makan gorengan karena alasan kesehatan, maka kurva permintaan gorengan mungkin akan berkurang. Hal ini dapat menurunkan kuantitas diminta pada kurva permintaan. Di sisi lain, jika semakin banyak orang yang memilih makan gorengan tanpa minyak goreng kolesterol, maka produsen gorengan mungkin akan beralih ke minyak goreng tanpa kolesterol. Hal ini dapat meningkatkan kuantitas yang ditawarkan pada kurva penawaran.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh mlussyzain dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sat, 05 Aug 23