Coba Anda identifikasi pekerjaan-pekerjaan yang termasuk dalam kegiatan penataan dan

Berikut ini adalah pertanyaan dari triofitrasyah pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Coba Anda identifikasi pekerjaan-pekerjaan yang termasuk dalam kegiatan penataan dan substantifpada sebuah kantor kelurahan/desa (masing-masing tiga pekerjaan)! Bantu guys

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Pekerjaan yang termasuk dalam kegiatan penataan dan substantif pada sebuah kantor kelurahan/desa antara lain :

  1. Lurah adalah pimpinan dan koordinator penyelenggaran pemerintahan di wilayah kerja Kelurahan selaku perangkat Kecamatan dan bertanggung jawab kepada Camat. Seorang Lurah yang mempunyai tugas yaitu mengoordinasikan dan melakukan pengendalian internal terhadap unit kerja di bawahnya serta melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh Camat sesuai tugas dan fungsinya.
  2. Sekretariat mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dokumen sistem akuntabilitas kinerja pemerintah,  melaksanakan penyusunan rencana kegiatan tahunan, melaksanakan verifikasi internal usulan perencanaan program dan kegiatan, melaksanakan supervisi, monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan, melaksanakan pengelolaan data dan dokumentasi pelaksanaan program dan kegiatan, menyusun rencana usulan kebutuhan anggaran.
  3. Seksi Pemerintahan dan Pelayanan Publik mempunyai tugas yaitu menyusun program dan kegiatan seksi pemerintahan dan pelayanan publik, melaksanakan pelayanan di bidang pemerintahan, melaksanakan pelayanan administrasi kependudukan dan melaksanakan koordinasi penyelenggaraan administrasi pelayanan publik, melaksanakan administrasi pertanahan, melaksanakan tertib administrasi dan pendataan kependudukan.

Pembahasan :

Kelurahan adalah pembagian wilayah administratif di Indonesia setelah kecamatan. Kelurahan merupakan wilayah kerja lurah sebagai perangkat daerah kota. Kelurahan dipimpin oleh seorang lurah yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kelurahan merupakan unit pemerintahan terkecil setingkat dengan desa.

Sedangkan kecamatan adalah sebuah pembagian wilayah administratif negara Indonesia di bawah Kabupaten atau Kota. Sebuah kecamatan dipimpin oleh seorang camat dan dipecah kepada beberapa kelurahan dan desa-desa. Di Indonesia, sebuah kecamatan atau kabupaten adalah pembagian dari kabupaten (kabupaten) atau kota (kota madya).

Pelajari lebih lanjut

Struktur organisasi kecamatan

yomemimo.com/tugas/6059862

#BelajarBersamaBrainly#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh resitaana95 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 02 Aug 23