jelaskan jenis jenis elastitas penawaran beserta contoh barangnya​

Berikut ini adalah pertanyaan dari pulsasaripulsaananda pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan jenis jenis elastitas penawaran beserta contoh barangnya​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

1. Elastis: Jika perubahan harga mengakibatkan perubahan persentase yang lebih besar dalam jumlah penawaran, maka penawaran dianggap elastis. Dalam kondisi ini, penjual dapat menaikkan harga dan masih mempertahankan volume penjualan.

Contoh : produk elektronik, mobil, dan pakaian mewah.

2. Inelastis: Jika perubahan harga hanya menyebabkan perubahan persentase yang lebih kecil dalam jumlah penawaran, maka penawaran dianggap inelastis. Dalam kondisi ini, penjual tidak dapat menaikkan harga tanpa mengurangi volume penjualan.

Contoh : garam, beras, dan tepung.

3. Unitary elastisitas: Jika persentase perubahan harga sama dengan persentase perubahan jumlah penawaran, maka penawaran dianggap unitary elastis. Dalam kondisi ini, perubahan harga dan jumlah penawaran mempengaruhi pendapatan penjual dengan cara yang sama.

Contoh : jasa pengiriman.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Nurdin1948 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 12 May 23