pengertian barang bebas beserta contohnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari tinaugi49 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pengertian barang bebas beserta contohnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Kelas : X SMA
mapel : Ekonomi
kategori : barang Ekonomi
kata kunci : barang bebas

Pembahasan :

Barang ekonomi, barang bebas dan barang illith adalah pembagian benda berdasakan kelangkaannya atau mudah tidaknya ditemukan. 
Pembagian benda berdasarkan cara memperolehnya menjadi benda ekonomi, bebas dan illith ini ditujukan agar kita bisa membedakan mana barang yang memiliki jumlah terbatas dan mana yang jumlahnya melimpah serta mana benda yang bisa membahayakan.

barang ekonomi secara umum adalah benda pemuas kebutuhan manusia yang memiliki jumlah terbatas yang disediakan oleh alam ataupun yang telah dikelola sehingga untuk mendapatkannya, maka manusia perlu melakukan pengorbanan.

Contoh barang ekonomi adalah sayur-sayuran segar. Untuk mendapatkan sayuran segar, maka petani perlu mengorbankan waktu, tenaga dan pikirannya untuk bertani. Sedangkan konsumen perlu mengorbankan uang untuk membeli sayuran dari petani.

barang bebas secara umum adalah barang yang telah disediakan oleh alam dan jumlahnya sangat tidak terbatas sehingga untuk memperolehnya manusia tidak perlu melakukan pengorbanan besar.

Contoh barang bebas adalah udara, pasir di gurun, air laut, es di daerah kutub, dan lain-lain. Meskipun bisa diperoleh dengan mudah, bukan berarti bahwa barang bebas tidak memiliki manfaat sama sekali.

Barang bebas bisa saja menjadi barang ekonomi jika dikemas dan diperjualbelikan. Contohnya adalah air di pegunungan yang dikemas menjadi air botol dalam kemasan.
barang illith secara umum adalah barang yang dalam jumlah terbatas bisa memenuhi kebutuhan manusia, sedangkan ketika dalam jumlah melimpah akan menjadi bencana bagi manusia.

Contoh barang illith adalah air dan api. Dalam keadaan normal atau terbatas, air dan api memberikan manfaat bagi manusia untuk minum, memasak, membakar, dan lain-lain. Dalam keadaan berlebihan, air bisa menyebabkan banjir sedangkan api menjadi penyebab kebakaran. Pada saat itulah, air dan api disebut sebagai barang illith.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Syubbana dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 17 May 15