1 Jelaskan faktor apa saja yang memicu adanya integrasi pasar

Berikut ini adalah pertanyaan dari unknown pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

1 Jelaskan faktor apa saja yang memicu adanya integrasi pasar keuangan antar negara! 25 Modul 1 tentang Pasar Keuangan2 Sebutkan dan Jelaskan Jenis Bank dari segi fungsinya, dari segi pemiliknya dan dari segi penciptaan Uang Giral 25 Modul 2 tentang Bank dan Lembaga Keuangan
3 Bagaimana keadaan Perbankan setelah Perang Dunia (1945-1949) 25 Modul 2 tentang Bank dan Lembaga Keuangan
4 Bagaimana peran Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan serta Lembaga Penjamin Simpanan dalam mengatur maupun pengawasan Perbankan ? 25 Modul 3 tentang BI, OJK dan LPS

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Faktor-faktor pendorong adanya integrasi pasar keuangan yaitu adanya kemajuan teknologi yang memungkinkan pengawasan pasar dunia, adanya pelaksanaan pesanan dan analisis peluang keuangan, serta adanya deregulasi atau liberalisasi pasar dan aktifitas peserta pasar pada pusat keuangan dunia.
  2. Bank dapat terbagi menjadi beberapa jenis. Jenis bank dari segi fungsinya terbagi menjadi bank sentral, umum, dan bank perkreditan rakyat. Sedangkan jenis bank dari segi pemiliknya terbagi menjadi bank syariah dan bank konvensional.
  3. Kondisi perbankan Indonesia setelah PD II adalah hadirnya kembali bank-bank asing milik Belanda di nusantara, plus bank-bank nasional baru hingga nasionalisasi De Javasche Bank yang dikarena kebijakan moneter yang masih belum lengkap dan belum tertata dengan baik secara administratif.
  4. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mempunyai tugas melakukan pengaturan dan pengawasan terhadap kegiatan jasa keuangan di sektor IKNB, Perbankan, dan Pasar Modal.

Pembahasan:

Peran Bank Indonesia adalah menetapkan peraturan memberikan dan mencabut izin atas kelembagaan dan kegiatan usaha tertentu dari bank, melaksanakan pengawasan bank dan mengenakan sanksi terhadap bank. Sedangkan peran Lembaga Penjamin Simpanan adalah Merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam rangka turut aktif memelihara stabilitas sistem perbankan.

Pelajari lebih lanjut:

Materi mengenai Perbankan pada yomemimo.com/tugas/51213258

#BelajarBersamaBrainly #SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh esakaes dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Sun, 15 Jan 23