Ps= -2Q-4 jikap=2 ditanya elastisitasnya

Berikut ini adalah pertanyaan dari amelialiaxd pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Ps= -2Q-4 jikap=2 ditanya elastisitasnya

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Untuk menghitung elastisitas pada persamaan tersebut, kita perlu mengetahui terlebih dahulu apakah Q berubah atau tidak ketika harga P berubah. Jika Q berubah ketika harga P berubah, maka elastisitas adalah elastis. Namun, jika Q tidak berubah ketika harga P berubah, maka elastisitas adalah inelastis.

Dalam persamaan Ps = -2Q - 4, Q tidak ditentukan, sehingga tidak dapat diketahui dengan pasti apakah Q akan berubah atau tidak ketika harga P berubah. Oleh karena itu, tidak dapat disimpulkan apakah elastisitasnya adalah elastis atau inelastis hanya berdasarkan persamaan tersebut.

Namun, elastisitas dapat dihitung jika kita mengetahui persentase perubahan harga dan persentase perubahan jumlah permintaan atau penawaran. Dalam hal ini, elastisitas harga permintaan (Ep) dapat dihitung menggunakan rumus:

Ep = (persentase perubahan jumlah permintaan / persentase perubahan harga)

Sebagai contoh, jika harga meningkat sebesar 2% dan jumlah permintaan turun sebesar 4%, maka elastisitas harga permintaan adalah:

Ep = (-4% / 2%) = -2

Dalam contoh ini, elastisitas harga permintaan adalah negatif, menunjukkan bahwa permintaan adalah inelastis terhadap perubahan harga. Artinya, perubahan harga hanya mempengaruhi sedikit terhadap permintaan.

Namun, perlu diingat bahwa elastisitas dapat berubah tergantung pada berbagai faktor seperti sifat barang atau layanan yang ditawarkan, pendapatan konsumen, dan faktor lingkungan lainnya. Oleh karena itu, penting untuk melakukan analisis yang lebih lengkap dan mendalam sebelum membuat kesimpulan tentang elastisitas.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh cubitfinder dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 06 Jun 23