Gambarakan keseimbangan jangka pendek dan jangka panjang pada pasar monopolistic

Berikut ini adalah pertanyaan dari asyamfaris07 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Gambarakan keseimbangan jangka pendek dan jangka panjang pada pasar monopolistic competition

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Keseimbangan jangka pendek pada pasar monopolistic competition terjadi ketika perusahaan dapat memproduksi dan menjual barang atau jasa dengan harga yang sedikit lebih tinggi daripada biaya produksi. Pada keseimbangan ini, perusahaan masih mampu menghasilkan laba karena memiliki sedikit keunggulan kompetitif. Keseimbangan jangka panjang terjadi ketika perusahaan dapat memproduksi dan menjual barang atau jasa dengan harga yang sama dengan biaya produksi. Pada keseimbangan ini, perusahaan tidak lagi mampu menghasilkan laba karena tidak ada keunggulan kompetitif yang dimiliki.

Hallo kaka mau di bantu jawabnya bisa menghubungi no kami +62 821-2652-6626

Untuk orang awam, dapat dijelaskan bahwa pada pasar monopolistic competition, perusahaan tidak dapat mematok harga tinggi secara terus-menerus karena ada persaingan dengan perusahaan lain yang menjual barang atau jasa yang serupa. Namun, mereka masih dapat mematok harga sedikit lebih tinggi daripada biaya produksi untuk sementara waktu dan menghasilkan laba. Namun, jika perusahaan terus mematok harga tinggi tanpa memperhatikan biaya produksi, maka akan terjadi keseimbangan jangka panjang di mana harga sama dengan biaya produksi dan perusahaan tidak lagi mampu menghasilkan laba.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh bebasah324 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 06 Apr 23