a. Dengan berdasar pada data APBN, bagaimana kondisi pendapatan negara

Berikut ini adalah pertanyaan dari nuraeni1011 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

A. Dengan berdasar pada data APBN, bagaimana kondisi pendapatan negara dan belanja negara pada masa pandemi covid?b. Dengan berdasar pada teori kebijakan fiskal, kemukakan apa alasan penerapan kebijakan anggaran tersebut (sesuai kondisi pada jawaban point a) ?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penjelasan:

SATU. Berdasarkan data APBN, penerimaan dan pengeluaran pemerintah selama pandemi Covid-19 mengalami penurunan. Pada tahun 2020, penerimaan APBN mencapai Rp1.710,2 triliun, turun 13,7% dibandingkan target APBN yang ditetapkan, sedangkan belanja negara mencapai Rp743,5 triliun 2 Rp, meningkat 1,7% dibandingkan target yang ditetapkan. Penurunan penerimaan negara tersebut terutama disebabkan penurunan tajam penerimaan negara pajak dan bukan pajak (PNBP) pascapandemi Covid-19.

B. Implementasi kebijakan fiskal di masa pandemi Covid-19 dilakukan sebagai respon terhadap kondisi ekonomi yang terdampak pandemi. Dalam teori kebijakan fiskal, kebijakan fiskal dapat digunakan untuk memperbaiki ketidakseimbangan dalam perekonomian yang dapat menyebabkan terjadinya resesi atau resesi. Pelaksanaan kebijakan fiskal di masa pandemi Covid-19 ditujukan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kebijakan stimulus fiskal seperti pengurangan pajak, peningkatan belanja pemerintah, program belanja pemerintah, dll program perlindungan negara dan sosial. Kebijakan fiskal juga dilakukan untuk menjaga stabilitas fiskal dan mencegah defisit fiskal yang berlebihan yang dapat berdampak negatif terhadap kondisi perekonomian.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh udin121206 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 03 Aug 23