2. PT.PLN (Persero) merupakan BUMN Indonesia yang bergerak di bidang

Berikut ini adalah pertanyaan dari tikisinta pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

2. PT.PLN (Persero) merupakan BUMN Indonesia yang bergerak di bidang ketenagalistrikan, dan memilikiperan utama dalam penyediaan dan pendistribusian tenaga listrik di Indonesia. Kebijakan PT.PLN dalam
penetapan tarif dasar listrik berdasarkan pada Peraturan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral
Nomor 09 Tahun 2014 tentang Tarif Tenaga Listrik yang disediakan oleh PT. PLN (Persero) yaitu
strategi penetapan harga yang digunakan oleh perusahaan antara lain strategi penetapan harga
tersegmentasi yaitu dengan membagi pangsa pasar atau segmentasi menjadi lima bagian, antara lain
sosial, rumah tangga, bisnis, pemerintah, dan industri.
Berikan evaluasi anda terhadap dampak dari penerapan kebijakan harga berdasarkan kasus tersebut !

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penerapan kebijakan harga berdasarkan strategi penetapan harga tersegmentasi oleh PT.PLN memiliki beberapa dampak positif dan negatif.

Dampak positif dari penerapan kebijakan harga ini adalah:

Adanya penyesuaian tarif yang berbeda-beda untuk setiap segmen pasar, sehingga memberikan kesempatan bagi masyarakat yang kurang mampu untuk memperoleh tarif yang lebih terjangkau, terutama pada segmen sosial dan rumah tangga.

Memberikan kesempatan bagi PT.PLN untuk mengoptimalkan keuntungan dari setiap segmen pasar yang berbeda-beda, terutama pada segmen bisnis, pemerintah dan industri, yang memiliki daya beli yang lebih tinggi.

Namun, ada juga dampak negatif dari penerapan kebijakan harga ini, antara lain:

Adanya ketidakadilan tarif antara segmen pasar yang satu dengan yang lain, terutama pada segmen bisnis, pemerintah dan industri yang cenderung membayar lebih rendah dibanding segmen sosial dan rumah tangga.

Menimbulkan ketidakpuasan bagi masyarakat yang merasa harga listrik yang diberikan tidak sesuai dengan kualitas pelayanan yang diberikan oleh PT.PLN.

Memberikan peluang bagi oknum dalam PT.PLN untuk melakukan praktek korupsi dan nepotisme dalam penetapan tarif untuk setiap segmen pasar.

Dalam hal ini, pemerintah dan PT.PLN perlu terus melakukan evaluasi dan pengawasan yang ketat dalam penerapan kebijakan harga, sehingga dapat mengoptimalkan pelayanan publik yang adil dan transparan untuk seluruh segmen pasar yang ada.

Penjelasan:

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh alvianbrahma67648 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 31 Jul 23