Jelaskan bagaimana bentuk hubungan antara inflasi dan kinerja keuangan suatu

Berikut ini adalah pertanyaan dari inggridgiskaa13 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Jelaskan bagaimana bentuk hubungan antara inflasi dan kinerja keuangan suatu perusahaan! Berikan contohnya!​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Inflasi berhubungan langsung dengan kinerja keuangan perusahaan. Ketika inflasi meningkat, biaya operasi dan harga jual produk perusahaan juga meningkat. Jika harga jual produk tidak meningkat seiring dengan peningkatan biaya operasi, perusahaan akan mengalami kerugian, yang dapat mengurangi laba bersih perusahaan. Sebaliknya, jika harga jual produk dapat meningkat seiring dengan peningkatan biaya operasi, laba bersih perusahaan dapat bertambah.

Contoh:

Seorang pengusaha memiliki sebuah toko ritel di mana ia menjual berbagai produk makanan. Biaya produksi makanan yang digunakan untuk membuat produk makanan bertambah seiring dengan peningkatan inflasi. Jika ia tidak menaikkan harga jual produk makanannya, laba bersihnya akan menurun karena ia tidak dapat menutup biaya produksi yang lebih tinggi. Namun, jika ia menaikkan harga jual produk makanannya seiring dengan peningkatan biaya produksi, laba bersihnya akan bertambah.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Flatrons dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 10 Mar 23