Seperti yang kita tahu pemerintah selalu melakukan pengendalian harga

Berikut ini adalah pertanyaan dari anggiisetiiawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Seperti yang kita tahu pemerintah selalu melakukan pengendalian harga terutama harga gabah karena mempengaruhi harga beras yang merupakan kebutuhan masyarakat banyak. Menurut pemerintah, harga gabah di pasar bebas terlalu rendah atau dibawah harga keseimbangan pasar. Jika pemerintah menerapkan harga dasar dipasar gabah diatas harga keseimbangan pasar, gunakan kurva penawaran dan permintaan untuk menunjukkan akibat dari kebijakan ini pada harga dan jumlah gabah yang dijual, Apakah terdapat kekurangan atau surplus gabah? Para petani memprotes bahwa harga dasar telah mengurangi total penerimaan mereka. Mungkinkah hal ini terjadi? Jelaskan. Sebagai tanggapan atas protes para petani , pemerintah sepakat untuk membeli semua gabah pada harga dasar. Dibandingkan dengan harga dasar awal, siapa yang beruntung atas kebijakan baru ini? Siapa yang mengalami kerugian? (lihat gambar harga dasar untuk menjawab)

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

siapa yg mengalami kerugian? yaitu petani yang menjual gabah karena terlalu sedikit uangnya untuk bermodal

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh topanbabat dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Mon, 26 Dec 22