Saat ini pandemi Covid-19 sudah berjalan sangat lama hingga membuat

Berikut ini adalah pertanyaan dari siskawoqqoqk pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Saat ini pandemi Covid-19 sudah berjalan sangat lama hingga membuat masyarakat sangat resah dengan keadaan perekonomian. Pandemi Covid-19 sudah membuat rugi berbagai pihak dan kalangan dari para pengusaha, pedagang, hingga rakyat kecil. Bank Indonesia (BI) melaporkan bahwa uang beredar dalam arti luas (M2) pada September 2020 tumbuh 12,3 persen. Angka tersebut turun jika dibandingkan dengan bulan Agustus yang tumbuh 13,3 persen. Hal tersebut sejalan dengan permintaan uang yang masih melemah. Mengingat PSBB transisi di Jakarta yang masih terus diperpanjang.”Sumber: Artikel, 2020 Pertanyaan:
Berdasarkan kutipan artikel di atas, Anda diminta untuk menganalisis apa yang menyebabkan
melemahnya permintaan uang!

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Berdasarkan kutipan artikel yang disajikan pada soal, bisa kita analisis bahwa yang menjadi penyebab melemahnya permintaan uang adalah adanya pembatasan aktivitas masyarakat sebagai langkah antisipasi terhadap penyebaran pandemi. Pembatasan aktivitas menjadikan aktivitas ekonomi lesu sehingga perputaran dan permintaan uang melemah.

Pembahasan

Jika kita cermati, fokus soal di atas adalah kondisi ekonomi yang kacau saat pandemi Covid-19 melanda bangsa. Untuk menghalau laju penyebaran pandemi, pemerintah mengeluarkan kebijakan pembatasan aktivitas masyarakat yang sudah tentu pula memangkas aktivitas ekonomi. Sebagai akibatnya, roda perputaran ekonomi melemah dan sudah pasti permintaan uang pun melemah. Hal ini ditandai dengan peredaran uang di masyarakat yang menurun.

Selain pembatasan aktivitas, situasi yang serba tak menentu juga mempengaruhi masyarakat untuk tak membelanjakan uangnya sehingga peredaran uang berkurang.

Pelajari Lebih Lanjut

#BelajarBersamaBrainly

#SPJ1

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh varlord dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 30 Mar 23