buatlah klasifikasi mengenai peneriamaan dan belanja negara berdasarkan APBN tahun

Berikut ini adalah pertanyaan dari arilbanday4545 pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Buatlah klasifikasi mengenai peneriamaan dan belanja negara berdasarkan APBN tahun 2022​

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Penjelasan:

APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) adalah dokumen yang menjelaskan estimasi pendapatan dan belanja pemerintah selama satu tahun anggaran. Penerimaan negara dalam APBN terdiri dari pendapatan negara dan pembiayaan negara. Belanja negara terdiri dari belanja pegawai, belanja barang dan jasa, belanja transfer, dan belanja-belanja lainnya.

Penerimaan negara dapat diklasifikasikan menjadi:

Pendapatan asli negara: merupakan pendapatan yang diperoleh oleh pemerintah dari sumber-sumber yang berasal dari dalam negeri, seperti pajak, bea dan cukai, dan royalti.

Pendapatan negara bukan pajak: merupakan pendapatan yang diperoleh oleh pemerintah dari sumber-sumber yang bukan merupakan pajak, seperti hasil usaha pemerintah dan dana perimbangan.

Sedangkan belanja negara dapat diklasifikasikan menjadi:

Belanja pegawai: merupakan belanja yang digunakan untuk membayar gaji, tunjangan, dan imbalan lainnya kepada pegawai pemerintah.

Belanja barang: merupakan belanja yang digunakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan oleh pemerintah.

Belanja jasa: merupakan belanja yang digunakan untuk membayar jasa-jasa yang diterima oleh pemerintah.

Belanja transfer: merupakan belanja yang digunakan untuk memberikan bantuan keuangan kepada daerah, lembaga, atau masyarakat.

Belanja-belanja lainnya: merupakan belanja yang digunakan untuk keperluan-keperluan lain yang tidak termasuk dalam kategori di atas.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh chatgpt dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Tue, 11 Apr 23