Apakah ada dampak negatif terhadap perekonomian negara berkembang jelaskan​ kelas

Berikut ini adalah pertanyaan dari reginadanaira pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Apakah ada dampak negatif terhadap perekonomian negara berkembang jelaskan​ kelas 11

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Penjelasan:

Ya, ada dampak negatif yang dapat terjadi pada perekonomian negara berkembang. Berikut adalah beberapa di antaranya:

  • Inflasi: Ketika permintaan barang dan jasa melampaui pasokan, harga cenderung meningkat, dan hal ini dapat menyebabkan inflasi. Inflasi akan memperburuk situasi perekonomian, karena harga barang dan jasa menjadi lebih mahal dan daya beli masyarakat menurun.

  • Utang luar negeri yang meningkat: Negara berkembang seringkali meminjam uang dari negara lain untuk membiayai pembangunan dan pembelian barang impor. Namun, jika utang luar negeri terlalu tinggi, maka negara berkembang harus membayar bunga yang lebih tinggi dan dapat mengganggu keseimbangan anggaran negara.

  • Krisis keuangan: Krisis keuangan dapat terjadi jika terjadi ketidakseimbangan antara penerimaan dan pengeluaran negara. Hal ini dapat mengakibatkan kepanikan di pasar dan memicu penarikan modal oleh investor asing.

  • Perdagangan yang tidak seimbang: Jika negara berkembang terlalu bergantung pada ekspor satu atau dua komoditas, maka mereka menjadi sangat rentan terhadap fluktuasi harga di pasar dunia. Selain itu, jika negara berkembang terus mengimpor lebih dari yang diekspor, maka neraca perdagangan menjadi tidak seimbang dan dapat mempengaruhi nilai tukar mata uang negara.

  • Ketidakstabilan politik: Ketidakstabilan politik dapat menyebabkan investor meragukan keamanan investasi mereka di negara tersebut. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan investasi asing dan penurunan kepercayaan masyarakat terhadap perekonomian negara.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh noah281207 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 07 Jul 23