Samsung Elektornik adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam peralatan elektronik

Berikut ini adalah pertanyaan dari boychristian pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Samsung Elektornik adalah perusahaan yang memproduksi berbagai macam peralatan elektronik rumah seperti kulkas, TV, AC dan sebagainya. Saat ini, Samsung ingin menghitung pemesanan untuk TV OLED 55” mereka yang berdistribusi normal, dengan rata-rata 5 unit dan simpangan baku 2 unit. Waktu tunggu untuk menerima pengiriman TV baru adalah 10 hari dan cukup konstan. Tentukan titik pemesanan ulang dan persediaan pengaman untuk tingkat layanan 95%.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban: Titik pemesanan ulang untuk tingkat layanan 95% adalah 1,09 unit per hari dan persediaan pengaman adalah 5,45 unit.

Penjelasan: Untuk menentukan titik pemesanan ulang dan persediaan pengaman, pertama-tama kamu perlu menghitung tingkat permintaan rata-rata per hari (d) dan simpangan baku permintaan per hari (σ). Kamu dapat menghitung tingkat permintaan rata-rata per hari dengan membagi jumlah permintaan rata-rata per waktu tunggu (5 unit) dengan waktu tunggu (10 hari), yaitu d = 5/10 = 0,5 unit per hari. Kamu dapat menghitung simpangan baku permintaan per hari dengan membagi simpangan baku permintaan per waktu tunggu (2 unit) dengan waktu tunggu (10 hari), yaitu σ = 2/10 = 0,2 unit per hari.

Selanjutnya, kamu dapat menggunakan rumus Z = d + Zασ untuk menentukan titik pemesanan ulang, di mana Z adalah nilai Z yang diperlukan untuk mencapai tingkat layanan yang diinginkan (dalam hal ini, 95%), d adalah tingkat permintaan rata-rata per hari, α adalah tingkat kepercayaan (dalam hal ini, 0,95), dan σ adalah simpangan baku permintaan per hari. Menggunakan rumus tersebut, kamu akan mendapatkan Z = 0,5 + 1,645(0,2) = 1,09.

Kemudian, kamu dapat menggunakan rumus persediaan pengaman = titik pemesanan ulang x waktu tunggu x tingkat permintaan rata-rata per hari untuk menghitung persediaan pengaman, yaitu persediaan pengaman = 1,09 x 10 x 0,5 = 5,45 unit.

Jadi, titik pemesanan ulang untuk tingkat layanan 95% adalah 1,09 unit per hari dan persediaan pengaman adalah 5,45 unit.

Semoga Membantu.

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh browncase dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Thu, 16 Mar 23