Contoh Kasus : Bianca dan saudaranya, Bimo adalah kakak beradik yang

Berikut ini adalah pertanyaan dari tabligherdiyawan pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Contoh Kasus :Bianca dan saudaranya, Bimo adalah kakak beradik yang sangat berbakat. Mereka berdua berhasil membuat alat untuk bercocok tanam secara hidroponik. Walaupun alat yang mereka buat sangat sederhana tetapi belum ada yang pernah membuat alat tersebut dan sangat memudahkan bagi petani sayuran hidroponik. Untuk lebih memudahkan orang lain menggunakan alat hidroponik mereka, keduanya membuat video tutorial penggunaannya dan diupload di kanal Youtube mereka.

Pertanyaan

1. Identifikasi, jenis HKI yang dimiliki Bianca dan Bimo untuk alat hidroponik dan video youtube nya. Berikan penjelasan anda.

2. Apakah alat hidroponik dan video youtube tersebut wajib untuk didaftarkan di DJKI (Direktorat Jendral Kekayaan Intelektual?) Berikan penjelasan anda.

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

  1. Ada beberapa jenis hak kekayaan intelektual yang bisa didapat Bianca dan Bimodari karyaalat hidroponik dan juga video youtubenya seperti hak cipta (Copyright) untuk video yang dimasukkan ke youtube, hak paten untuk alat hidroponik yang diciptakan, serta hak merk dagang jika mereka membuat bisnis dan menjual alat tersebut.
  2. Mendaftarkan alat dan video ciptaan Bianca dan bimo ke DJKI, dalam hal tersebut mungkin tidak wajib dilakukan pendaftaran kepada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) karena hak tersebut secara otomatis akan disematkan kepada pembuat alat tersebut namun agar lebih aman dan terjaga serta untuk menjaga permasalahan sengketa jika ada suatu hari seseorang yang mengklaim alat tersebut maka lebih baik didaftarkan agar ada dasar hukum jika terjadi pelanggaran oleh oknum yang ingin mengambil keuntungan dan merugikan pencipta karya tersebut.

Pembahasan

Hak kekayaan intelektual ialah hak yang diberikan kepada pencipta sebuah karya baik dalam bentuk bacaan, produk, alat serta desain dalam bentuk dasar hukum sehingga tidak bisa diklaim oleh sembarangan orang untuk hal-hal yang bersifat merugikan si pemilik hak intelektual tersebut.Berikut beberapa jenis hak kekayaan intelektual yaitu:

  1. Hak paten
  2. Hak merk dagang
  3. Hak rahasia dagang
  4. Hak desain
  5. Hak cipta

Manfaatyang dimiliki ketika kitamendaftarkan hak kekayaan intelektual ke lembaga terkait yaitu:

  1. Terhindar dari kasus pembajakan.
  2. Memiliki keuntungan yang jelas.
  3. Dapat dikembangan lagi alat tersebut melalui kerjasama dengan pihak lain.
  4. Tidak merugikan diri sendiri dan orang lain.
  5. Memilki dasar hukum yang kuat tentang kepemilikan sebuah karya.
  6. Terhindar dari penyelewengan oleh oknum yang ingin merugikan kita.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian hak atas kekayaan intlektual, pada yomemimo.com/tugas/5282906
  2. Materi tentang jenis-jenis kekayaan hak intelektual, pada yomemimo.com/tugas/13091756
  3. Materi tentang tujuan dari hak kekayaan intelektual, pada yomemimo.com/tugas/12984595

Detail jawaban

Kelas : 10

Mapel : Ekonomi

Bab : -

Kode : 10.12

#AyoBelajar #SPJ2

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh Israfardhian dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Wed, 26 Jul 23