Pencucian uang, apa yang anda ketahui dengan pencucian uang? Modus

Berikut ini adalah pertanyaan dari RijalRamadhani pada mata pelajaran Ekonomi untuk jenjang Sekolah Menengah Atas

Pencucian uang, apa yang anda ketahui dengan pencucian uang? Modus apa yang paling sering digunakan pelaku? berikan contoh kasus kurun waktu 5 tahun belakang?

Jawaban dan Penjelasan

Berikut ini adalah pilihan jawaban terbaik dari pertanyaan diatas.

Jawaban:

Pencucian uang (money laundering) adalah proses untuk menyembunyikan sumber uang yang didapat dari aktivitas ilegal seperti korupsi, narkoba, atau kejahatan lainnya agar terlihat seolah-olah uang tersebut berasal dari sumber yang sah.

Beberapa modus pencucian uang yang paling sering digunakan meliputi:

1.Penyimpanan uang dalam bentuk properti atau aset lainnya.

2.Pemindahan uang antar akun bank di berbagai negara.

3.Pembelian produk atau jasa untuk menyembunyikan uang.

4.Mencampurkan uang hasil kejahatan dengan uang yang didapat dari sumber yang sah.

Contoh kasus pencucian uang kurun waktu 5 tahun belakang:

1.Kasus 1MDB (Malaysia, 2018): Skandal pencucian uang terbesar dalam sejarah Malaysia, yang melibatkan dana negara dan dana perusahaan milik negara yang dikendalikan oleh mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak.

2.Kasus Panama Papers (2016): Terungkapnya dokumen dari kantor hukum Panama yang menunjukkan bagaimana orang-orang kaya dan pemerintah dari seluruh dunia menyembunyikan uang dan aset melalui perusahaan-perusahaan shell.

3.Kasus Danske Bank (Denmark, 2018): Terungkap bahwa bank terbesar Denmark, Danske Bank, melakukan pencucian uang melalui filialnya di Estonia sebesar 200 miliar euro

Semoga dengan pertanyaan yang sudah terjawab oleh aliipa16 dapat membantu memudahkan mengerjakan soal, tugas dan PR sekolah kalian.

Apabila terdapat kesalahan dalam mengerjakan soal, silahkan koreksi jawaban dengan mengirimkan email ke yomemimo.com melalui halaman Contact

Last Update: Fri, 05 May 23